Dengan memperhatikan kompleks dan uniknya proses belajar, maka
ketepatan pemilihan media dan metode pembelajaran akan sangat berpengaruh
terhadap hasil belajar siswa. Di samping itu, persepsi siswa juga sangat
mempengaruhi hasil belajar. Oleh sebab itu, dalam pemilihan media, di samping
memperhatikan kompleksitas dan keunikan proses belajar, memahami makna persepsi
serta faktor-faktor yang berpengaruh terhadap penjelasan persepsi hendaknya
diupayakan secara optimal agar proses pembelajaran dapat berangsung secara
efektif. Untuk maksud tersebut, perlu: (1) diadakan pemilihan media yang tepat
sehingga dapat menarik perhatian siswa serta memberikan kejelasan obyek yang
diamatinya, (2) bahan pembelajaran yang akan diajarkan disesuaikan dengan
pengalaman siswa. Kajian psikologi menyatakan bahwa anak akan lebih mudah
mempelajari hal yang konkrit ketimbang yang abstrak
Dalam menentukan media pembelajaran
yang akan dipakai dalam proses belajar mengajar, pertama-tama seorang guru
harus mempertimbangkan tujuan yang ingin dicapai, kondisi dan keterbatasan yang
ada dengan mengingat kemampuan dan karakteristik media yang akan dipilihnya.
Dengan mengajukan beberapa pertanyaan, maka pemilihan media dapat dilakukan
berdasarkan:
a.
Apakah media yang bersangkutan relevan
dengan tujuan yang ingin dicapai ?
b.
Apakah ada sumber informasi, katalog
mengenai media yang bersangkutan?
c.
Apakah perlu dibentuk tim untuk memonitor
yang terdiri dari para calon pemakai? (Sadiman, 1986)
Dalam
pemilihan media, salah satu cara yang dapat digunakan untuk memilih yaitu
dengan menggunakan matriks seperti pada Tabel berikut.
Tabel 2.5
Matriks Pemilihan Media Pembelajaran
Media |
Info
faktual |
Pengenalan
visual |
Prinsip
konsep |
Prosedur |
Keterampilan |
Sikap |
Visual
diam |
Sedang |
Tinggi |
Sedang |
Sedang |
Rendah |
Rendah |
Film |
Sedang |
Tinggi |
Tinggi |
Tinggi |
Sedang |
Sedang |
Televisi |
Sedang |
Sedang |
Tinggi |
Sedang |
Sedang |
Sedang |
Objek 3
dimensi |
Rendah |
Tinggi |
Rendah |
Rendah |
Rendah |
Rendah |
Rekaman
audio |
Sedang |
Rendah |
Rendah |
Sedang |
Rendah |
Sedang |
Pelaj.
Terprogrma |
Sedang |
Sedang |
Sedang |
Tinggi |
Rendah |
Sedang |
Demonstrasi |
Sedang |
Sedang |
Rendah |
Tinggi |
Sedang |
Sedang |
Buku
tercetak |
Sedang |
Rendah |
Sedang |
Rendah |
Rendah |
Sedang |
Sajian
lisan |
Sedang |
Rendah |
Sedang |
rendah |
Rendah |
Sedang |
Selain
dari itu, dapat dikemukakan pula bahwa beberapa faktor yang mempengaruhi
pemilihan media antara lain adalah : (1) tujuan instruksional yang ingin
dicapai, (2) karakteristik siswa, (3) jenis rangsangan belajar yang diinginkan (audio
atau visual), keadaan latar atau lingkungan, dan gerak atau diam, (4) keterssediaan
sumber setempat, (5) apakah media siap pakai, ataukah media rancang, (6)
kepraktisan dan ketahanan media, (7) efektifitas biaya dalam jangka waktu
panjang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar