Kamis, 19 Mei 2022

Bagaimana Memilih Media Pembelajaran

Dengan memperhatikan kompleks dan uniknya proses belajar, maka ketepatan pemilihan media dan metode pembelajaran akan sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Di samping itu, persepsi siswa juga sangat mempengaruhi hasil belajar. Oleh sebab itu, dalam pemilihan media, di samping memperhatikan kompleksitas dan keunikan proses belajar, memahami makna persepsi serta faktor-faktor yang berpengaruh terhadap penjelasan persepsi hendaknya diupayakan secara optimal agar proses pembelajaran dapat berangsung secara efektif. Untuk maksud tersebut, perlu: (1) diadakan pemilihan media yang tepat sehingga dapat menarik perhatian siswa serta memberikan kejelasan obyek yang diamatinya, (2) bahan pembelajaran yang akan diajarkan disesuaikan dengan pengalaman siswa. Kajian psikologi menyatakan bahwa anak akan lebih mudah mempelajari hal yang konkrit ketimbang yang abstrak

Dalam menentukan media pembelajaran yang akan dipakai dalam proses belajar mengajar, pertama-tama seorang guru harus mempertimbangkan tujuan yang ingin dicapai, kondisi dan keterbatasan yang ada dengan mengingat kemampuan dan karakteristik media yang akan dipilihnya. Dengan mengajukan beberapa pertanyaan, maka pemilihan media dapat dilakukan berdasarkan:

a.       Apakah media yang bersangkutan relevan dengan tujuan yang ingin dicapai ?

b.      Apakah ada sumber informasi, katalog mengenai media yang bersangkutan?

c.       Apakah perlu dibentuk tim untuk memonitor yang terdiri dari para calon pemakai? (Sadiman, 1986)

 

Dalam pemilihan media, salah satu cara yang dapat digunakan untuk memilih yaitu dengan menggunakan matriks seperti pada Tabel berikut.

Tabel 2.5 Matriks Pemilihan Media Pembelajaran

Tujuan belajar

 

Media

Info faktual

Pengenalan visual

Prinsip konsep

Prosedur

Keterampilan

Sikap

Visual diam

Sedang

Tinggi

Sedang

Sedang

Rendah

Rendah

Film

Sedang

Tinggi

Tinggi

Tinggi

Sedang

Sedang

Televisi

Sedang

Sedang

Tinggi

Sedang

Sedang

Sedang

Objek 3 dimensi

Rendah

Tinggi

Rendah

Rendah

Rendah

Rendah

Rekaman audio

Sedang

Rendah

Rendah

Sedang

Rendah

Sedang

Pelaj. Terprogrma

Sedang

Sedang

Sedang

Tinggi

Rendah

Sedang

Demonstrasi

Sedang

Sedang

Rendah

Tinggi

Sedang

Sedang

Buku tercetak

Sedang

Rendah

Sedang

Rendah

Rendah

Sedang

Sajian lisan

Sedang

Rendah

Sedang

rendah

Rendah

Sedang

 

Selain dari itu, dapat dikemukakan pula bahwa beberapa faktor yang mempengaruhi pemilihan media antara lain adalah : (1) tujuan instruksional yang ingin dicapai, (2) karakteristik siswa, (3) jenis rangsangan belajar yang diinginkan (audio atau visual), keadaan latar atau lingkungan, dan gerak atau diam, (4) keterssediaan sumber setempat, (5) apakah media siap pakai, ataukah media rancang, (6) kepraktisan dan ketahanan media, (7) efektifitas biaya dalam jangka waktu panjang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang di Website Imas Siti Nurjanah " Pendidikan, Kepramukaan, Materi SMP/MTS, Perangkat Pembelajaran" Kunjungi Youtube kami di Https://bit.ly/YT-ImasSN