Kamis, 19 Mei 2022

PERAN GURU DI SEKOLAH KELUARGA DAN MASYARAKAT

 GURU SEBAGAI PRIBADI

              Sebagai pribadi, guru merupakan perwujudan diri dengan seluruh keunikan karakteristik yang sesuai dengan posisinya sebagai pemangku profesi keguruan. Kepribadian merupakan landasan utama bagi perwujudan diri sebagai guru yang efektif baik dalam melaksanakan tugas profesionalnya di lingkungan pendidikan dan  di lingkungan kehidupan lainnya. Hal ini mengandung makna bahwa seorang guru harus mampu mewujudkan pribadi yang efektif untuk dapat melaksanakan fungsi dan tanggung jawabnya sebagai guru. Untuk itu, ia harus mengenal dirinya sendiri dan mampu mengembangkannya ke arah terwujudnya pribadi yang sehat dan paripurna (fully functioning person). Dalam lingkup pekerjaan guru, seorang guru hendaknya memiliki kompetensi kepribadian yang mantap sebagimana ditetapkan dalam undang-undang

 GURU di KELUARGA

              Dalam kaitan dengan kehidupan secara keseluruhan, keluarga mempunyai berbagai fungsi yaitu fungsi: agama, personal, sosial, budaya, ekonomi, pendidikan, dan pengembangan keturunan. Dengan fungsi‑fungsi itulah keluarga memainkan peranan yang amat fundamental bagi kesuksesan perjalanan hidup seseorang dan masyarakat secara keseluruhan. Kekuatan suatu masyarakat akan terletak dalam kekuatan kehidupan keluarga yang berada di dalamnya. Dari strukturnya, keluarga merupakan kesatuan unsur‑unsur yang terdiri atas suami/ayah, isteri/ibu, dan anak yang dibangun atas dasar ikatan pernikahan yang berlandaskan kasih sayang satu dengan lainnya. Kehidupan keluarga sebagai suatu satuan organisasi, memiliki pola‑pola interaksi dan norma‑norma yang menjadi rujukan berbagai aktivitas yang dilakukan setiap unsur. Kesehatan jiwa dalam keluarga akan menjadi fundasi yang kokoh bagi terwujudnya kesehatan jiwa masyarakat.

              Dalam kaitan dengan keluarga, guru merupakan unsur keluarga sebagai pengelola  (suami atau isteri), sebagai anak, dan sebagai pendidik dalam keluarga.  Hal ini mengandung makna bahwa guru sebagai unsur keluarga harus mampu mewujudkan keluarga yang kokoh sehingga menjadi fundasi kehidupan berbangsa dan bernegara secara keseluruhan.

 GURU dI SEKOLAH

   Dalam keseluruhan kegiatan pendidikan di tingkat operasional, guru merupakan penentu keberhasilan pendidikan melalui kinerjanya pada tingkat institusional, instruksional, dan eksperiensial. Hal itu mengandung makna bahwa guru mempunyai posisi yang strategis dalam upaya pembangunan bangsa. Sejalan dengan tugas utamanya sebagai pendidik di sekolah, guru melakukan tugas-tugas kinerja pendidikan dalam bimbingan, pengajaran, dan latihan. Semua kegiatan itu sangat terkait dengan upaya pengembangan para peserta didik melalui keteladanan, penciptaan lingkungan pendidikan yang kondusif, membimbing, mengajar, dan melatih peserta didik.  Menurut pendapat Louis V. Gerstmer, Jr. dkk (1995), masa kini, peran-peran guru mengalami perluasan yaitu guru sebagai: pelatih (coaches), konselor, manajer pembelajaran, partisipan, pemimpin, pembelajar, dan pengarang.

 GURU di MASYARAKAT

              Dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara keseluruhan, guru merupakan unsur strategis sebagai anggota, agen, dan pendidik masyarakat. Guru mempunyai peran yang strategis dalam upaya pembangunan di masyarakat. Sebagai anggota masyarakat guru harus menunjukkan kepribadiannya secara efektif agar menjadi teladan bagi bagi masyarakat di sekitarnya. Tidak hanya dirinya yang harus menjadi teladan, akan tetapi kehidupan keluarganyapun harus  menjadi teladan bagi masyarakat di sekitarnya. Sebagai agen masyarakat, guru merupakan mediator (penengah) antara masyarakat dengan dunia pendidikan khususnya di sekolah. Dalam kaitan ini, guru akan membawa dan mengembangkan berbagai upaya pendidikan di sekolah ke dalam kehidupan di masyarakat, dan juga membawa kehidupan di masyarakat ke sekolah. Dengan demikian terdapat keterkaitan yang saling menunjang antara upaya pendidikan di sekolah dengan upaya di masyarakat dalam mewujudkan kehidupan berbangsa di masyarakat. Selanjutnya sebagai pendidik masyarakat, bersama unsur masyarakat lainnya mengembangkan berbagai upaya pendidikan yang dapat menunjang upaya pembinaan kebangsaan bagi seluruh anggota masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang di Website Imas Siti Nurjanah " Pendidikan, Kepramukaan, Materi SMP/MTS, Perangkat Pembelajaran" Kunjungi Youtube kami di Https://bit.ly/YT-ImasSN