Kamis, 19 Mei 2022

RPP SENI BUDAYA (TEATER) KELAS VIII OLAH TUBUH OLAH SUARA OLAH RASA

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan    :  

Kelas                          : VIII (Delapan)

Semester                    : Ganjil /Genap

Mata Pelajaran           : Seni Budaya (Teater)

Topik/Sub Topik       : Olah Tubuh, Olah Suara, Olah Rasa

Alokasi Waktu          :  menit  (4 pertemuan)

 

A.    KOMPETENSI INTI

KI 1     : Menanggapi, dan  menghargai ajaran agama yang dianutnya.

KI 2     : Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, estetika, percaya diri, motivasi internal, toleransi, gotong royong dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

KI 3     : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penomena dan kejadian yang tampak mata.

KI 4     : Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang)  sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.

 

B.     KOMPETENSI DASAR

1.1  Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan karya seni teater daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan.

2.1  Menunjukkan sikap  menghargai,  jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian.

2.2  Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun  terhadap  naskah drama, pertunjukan teater, pemain dan pembuatnya.

2.3  Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni.

3.1  Memahami penerapan teknik olah tubuh, olah suara, dan olah rasa yang mengacu pada sumber budaya tradisional.

4.1  Menerapkan teknik olah tubuh, olah suara, dan olah rasa yang mengacu pada sumber budaya tradisional.

 

C.     INDIKATOR PEMBELAJARAN

1.      Mengeksplorasi (observasi dan bertanya) dari berbagai sumber pembelajaran tentang KD 3.1 Memahami penerapan teknik olah tubuh, olah suara, dan olah rasa yang mengacu pada sumber budaya tradisional.

2.      Membuat rencana memilih naskah/lakon tentang gagasan berkarya seni teater tentang KD 3.1 Memahami penerapan teknik olah tubuh, olah suara, dan olah rasa yang mengacu pada sumber budaya tradisional berdasarkan hasil eksplorasi siswa masing-masing.

3.      Mewujudkan rencana pemeranan atau meniru peran suatu lakon menjadi sebuah karya seni teater jadi (eksperimenting atau mencoba) tentang menerapkan teknik olah tubuh, olah suara, dan olah rasa yang mengacu pada sumber budaya tradisional dengan menggunakan peralatan dan bahan yang disediakan masing-masing siswa.

4.      Mempublikasikan/mempergelarkan karya seni teater (networking atau membuat jejaring) kepada orang lain tentang yang telah dibuatnya.

 

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mempelajari pokok bahasan ini, perserta didik diharapkan mampu:

1.      Secara aktif  mengeksplorasi (observasi dan bertanya) dari berbagai sumber pembelajaran tentang KD 3.1 Memahami penerapan teknik olah tubuh, olah suara, dan olah rasa yang mengacu pada sumber budaya tradisional.

2.      Menentukan dan membuat rencana memilih naskah/lakon tentang gagasan berkarya seni teater tentang KD 3.1 Memahami penerapan teknik olah tubuh, olah suara, dan olah rasa yang mengacu pada sumber budaya tradisional berdasarkan hasil eksplorasi siswa masing-masing.

3.      Mewujudkan rencana pemeranan atau meniru peran suatu lakon menjadi sebuah karya seni teater jadi (eksperimenting atau mencoba) tentang menerapkan teknik olah tubuh, olah suara, dan olah rasa yang mengacu pada sumber budaya tradisional dengan menggunakan peralatan dan bahan yang disediakan siswa masing-masing.

4.      Menemukan cara mempublikasikan/mempergelarkan karya seni teater (networking atau membuat jejaring) kepada orang lain tentang yang telah dibuatnya.

 

E.     SKENARIO (LANGKAH-LANGKAH) PEMBELAJARAN

 

KEGIATAN

DESKRIPSI KEGIATAN

ALOKASI WAKTU

Kegiatan Awal

Kegiatan awal pembelajaran oleh guru dapat melakukan aktivitas berikut:

1.      Guru membuka pembelajaran seni budaya (seni teater) dengan mengucapkan salam, mengabsen dan menanyakan keadaaan dan situasi kelas.

2.      Guru menjelaskan tentang tujuan pembelajaran seni teater pada bulan ini, yakni untuk berkarya tentang KD 3.1.

3.      Guru berupaya memotivasi para siswa kelas VIII untuk yakin diri dapat membuat karya seni teater tentang KD 3.1.

10  MENIT

Kegiatan inti

 

Kegiatan inti pembelajaran oleh guru dapat melakukan aktivitas berikut:

Pertemuan 1

1.      Pembagian kelompok siswa SMP kelas VIII menjadi 4 kelompok.

2.      Masing-masing kelompok membuat komitmen untuk bekerja sama yang diwujudkan dalam bentuk berbagi tugas yang seimbang antar siswa.

3.      Masing-masing kelompok menyusun strategi dan cara kerja eksplorasi tentang KD 3.1 dengan berbagai sumber belajar agar optimal.

4.      Masing-masing siswa mendiskusikan alokasi waktu penyelesaian mengenai tugas eksplorasi tentang KD 3.1.

5.      Guru memposisikan diri sebagai mentor dan mendampingi  kelompok siswa Kelas VIII dalam melaksanakan ekplorasi tentang KD 3.1.

 

 

 

60  menit

 

 

 

Pertemuan 2

1.      Guru memberi penguatan untuk memanfaatkan hasil eksplorasi masing-masing kelompok siswa untuk mewujudkan menjadi rencana memilih naskah/lakon tentang KD 4.1.

2.      Masing-masing siswa kelas VIII dalam kelompoknya mengumpulkan dan  mendiskusikan hasil eksplorasi  para anggotanya untuk menjadi rencana memilih naskah/lakon tentang KD 4.1.

3.      Para anggota kelompok secara aktif memilih naskah/lakon dan menentukan satu karya seni teater tentang KD 4.1

4.      Melaksanakan pembuatan rencana memilih naskah/lakon tentang KD 4.1 dengan memperhatikan semua ide/gagasan keseluruhan anggota kelompok.

5.      Guru memposisikan diri sebagai  mentor dan mendampingi kelompok siswa kelas VIII yang kesulitan membuat rencana memilih naskah/lakon tentang KD 4.1

 

60  menit

 

 

 

 

Pertemuan 3

1.      Guru memberi penguatan pembelajaran seni teater, agar rencana memilih naskah/lakon tentang KD 4.1 minggu terdahulu diwujudkan melalui pertunjukan hasil ciptaan karya teater yang jadi.

2.      Masing-masing kelompok siswa kelas VIII menyiapkan bahan dan peralatan atau proferti untuk pertunjukan hasil ciptaan dalam karya seni teater tentang KD 4.1.

3.      Setiap siswa Kelas VIII berdisiplin dan berperan aktif dalam pertunjukan hasil ciptaan di kelompoknya masing-masing untuk mewujudkan  karya seni teater tentang KD 4.1.

4.      Semua anggota kelompok bekerja sama untuk pertunjukan hasil ciptaan karya seni teater tentang KD 4.1  dengan rasa penuh tanggung jawab.

5.      Guru memposisikan diri sebagai  mentor dan mendampingi kelompok siswa yang kesulitan dalam pertunjukan hasil ciptaan karya seni teater tentang KD 4.1.

 

60  menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pertemuan 4

1.         Guru memberi penguatan agar hasil karya seni teater yang sudah dihasilkan tentang KD 4.1 segera dipublikasikan/dipergelarkan.

2.         Masing-masing kelompok aktif mendiskusikan tentang informasi media, cara dan tempat untuk mempublikasikan/mempergelarkan karya seni teater yang telah dibuatnya kepada orang lain.

3.         Masing-masing individu bekerja sama membuat jejaring (networking) dengan cara mengundang/ mengapload/ facebook, internet, dll.,  kepada siswa kelas/para guru dan kepala sekolah/para orang tua/khalayak umum/dll.,   untuk dapat diapresiasi.

4.         Masing-masing siswa bertanggung jawab dengan cara berbagi tugas untuk kesuksesan publikasi/pergelaran teater yang telah dibuat.

5.         Guru memposisikan diri sebagai mentor dan mendampingi kelompok siswa Kelas VIII yang kesulitan dalam melaksanakan publikasi/ pergelaran karya seni teater kepada orang lain.

 

60  menit

 

Kegiatan Penutup

 

Kegiatan penutup pembelajaran oleh guru dapat melakukan aktivitas berikut:

1.      Guru melaksanakan tindak lanjut pembelajaran di kelas VIII SMP dengan cara memberi pengumuman untuk lanjutkan pada tahap merancang, membuat, mempublikasi karya seni teater pada minggu berikutnya.

2.      Guru dan siswa Kelas VIII melaksanakan evaluasi pembelajaran seni teater dengan cara penilaian kinerja, penilaian projek, penilaian portofolio dan penilaian laporan.

10 menit

 

A.  MATERI PEMBELAJARAN

Materi pembelajaran berkenaan dengan penjelasan tentang:

1.      Cara-cara mengeksplorasi (Observasi, bertanya) tentang KD 3.1

2.      Cara-cara merencanakan (asosiasi) tentang  KD 3.1

3.      Cara-cara membuat (eksperimenting atau mencoba)tentang KD 4.1

4.      Cara-cara mempublikasikan (networking/membuat jejaring) tentang KD 4.1

 

B.     PENDEKATAN DAN MODEL PEMBELAJARAN

1.      Pendekatan : Pendekatan Scientific

2.      Model Pembelajaran : Model pembelajaran based projek, based problem dan based inovasi.

 

C.    EVALUASI PEMBELAJARAN

1.      Penililaian kinerja siswa (aktivitas belajar)

2.      Penilaian hasil projek (hasil belajar berkarya)

3.      Penilian fortopolio (sikap belajar mnghargai/apresiasi)

4.      Penilaian tes tertulis (laporan)

 

D.    ALAT DAN SUMBER BELAJAR

1.      Alat dan bahan      : Disesuiakan dengan KD

2.      Sumber belajar      : (1) Buku sumber pembelajaran untuk siswa SMP mata pelajaran Seni budaya Kurikulum  2014 Penerbit BNSP, Jakarta; (2) Sumber media internet; (3)Sumber media masa (TV, Koran, majalah, dll; (4) Moment pagelaran dan pameran di lokal maupun nasional; (5) Kegiatan kesenian di lingkungan setempat, dll.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

……………………

Guru mata pelajaran seni budaya

 

 

 

 

 

……………………………..

 

 

 

Lampiran-1

 

MATERI PEMBELAJARAN

 

 

A.    Cara-cara mengeksplorasi (Observasi, bertanya) tentang olah suara, olah tubuh, dan olah rasa dalam seni teater.

B.     Cara-cara merencanakan (asosiasi) tentang olah suara, olah tubuh, dan olah rasa dalam seni teater.

C.     Cara-cara membuat (eksperimenting atau mencoba) tentang olah suara, olah tubuh, dan olah rasa dalam seni teater.

D.    Cara-cara mempublikasikan (networking/ jejaring) tentang hasil pertunjukan teater

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran-2a

 

LEMBAR PENILAIAN

 

Nama                           :  

NIS                             :  

Kelas                           :  VIII

Pokok Bahasan           : Tehnik olah tubuh, olah suara, olah rasa

 

Petunjuk Penilaian Keterampilan:

Berilah tanda (V) pada kolom yang sesuai

 

No.

Indikator Penilaian

 

A

B

C

D

86-100

76- 85

66 -75 

56-65

1

Membuat skenario pertunjukan sederhana

 

 

 

 

2

Mengaplikasikan pertunjukan sederhana dengan menggunakan teknik olah tubuh, olah suara, dan olah rasa

 

 

 

 

3

Kesan dan pesan-pesan pertunjukan

 

 

 

 

4

Kreativitas karya

 

 

 

 

 

 

 

Total Nilai /10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran-2b

 

LEMBAR RUBRIK

 

Nama              :  

NIS                 :

Kelas               :   

Petunjuk :

Berilah tanda (V) pada kolom yang sesuai!

 

No.

Indikator Pengamatan

Ya

Tidak

1

Jujur dalam berkarya

 

 

 

2

Bertanggung jawab dalam penyelesaian projek

 

 

 

3

Peduli dalam memecahkan masalah

 

 

 

4

Percaya diri dalam mempublikasikan hasil karya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran-2c

 

LEMBAR PENGAMATAN SIKAP

 

No

Nama

Prilaku Yang  Diamati alam Pembelajaran

 

 

Menghargai orang lain

Disiplin

Aktivitas

Komunikasi

Tanggung jawab

1.

 

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 5.

 

 

 

 

 

 

 

Dll.

 

 

 

 

 

 

Keterangan  : Skala tentang nilai 1 s/d 5

1 sangat kurang , 2 kurang , 3 cukup , 4 baik , 5 amat baik

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang di Website Imas Siti Nurjanah " Pendidikan, Kepramukaan, Materi SMP/MTS, Perangkat Pembelajaran" Kunjungi Youtube kami di Https://bit.ly/YT-ImasSN