Untuk
meningkatkan mutu sekolah yaitu dengan melibatkan lima faktor yang dominan:
a.
Kepemimpinan Kepala sekolah;
kepala sekolah harus memiliki dan memahami visi kerja secara jelas, mampu dan
mau bekerja keras, mempunyai dorongan kerja yang tinggi, tekun dan tabah dalam
bekerja, memberikan layanan yang optimal, dan disiplin kerja yang kuat.
b.
Siswa; pendekatan yang
harus dilakukan adalah “anak sebagai pusat”, sehingga kompetensi dan kemampuan
siswa dapat digali sehingga sekolah dapat menginventarisir kekuatan yang ada
pada siswa.
c.
Guru; pelibatan guru
secara maksimal, dengan meningkatkan kopmetensi dan profesi kerja guru dalam
kegiatan seminar, MGMP, lokakarya serta pelatihan sehingga hasil dari kegiatan
tersebut diterapkan disekolah.
d.
Kurikulum; adanya
kurikulum yang ajeg/tetap tetapi dinamis, dapat memungkinkan dan memudahkan
standar mutu yang diharapkan sehingga goals (tujuan ) dapat dicapai secara
maksimal.
e.
Jaringan Kerjasama;
jaringan kerjasama tidak hanya terbatas pada lingkungan sekolah dan masyarakat
semata (orang tua dan masyarakat) tetapi dengan organisasi lain, seperti
perusahaan/instansi sehingga output dari sekolah dapat terserap didalam dunia
kerja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar