Kamis, 19 Mei 2022

KONSEP MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS

 

PENGELOLAAN KELAS

A. konsep pengelolaan kelas

            Manajemen atau pengelolaan di artikan proses penggunaan sumber secara efekif untukl mencapai sasaran.sedangkan kelas di artikan secara umum sebagai sekelompok siswa yang ada pada waktu yang sama menerima pelajaran yang sama pada guru yang sama.manajemen kelas adalah segala usaha yang di arahkan untuk mewujudkan suasana belajar mengajar yang efektip dan menyenangkan serta dapat memotivasi sioswa untuk dengan baik sesuai dengan kemampuan.

Manajemen kelas juga dapat di katakan merupakan usaha sadar untuk mengatur kegiatan proses belajar mengajar secara sistematis.usaha sadar itu dapat mengarah pada penyiapan bahan belajar,penyiapan sarana dan alat peraga pengaturan ruang belajar mewujudkan situasi/kondisi peroses belajar mengajar dan pengaturan waktu sehingga pembelajaran berjalan dengan baik dan tujuan kurikuler dapat tercapai.(Dirjen PUOD dan Dirjen DIKDASMEN 1996).

Menurut dirjen dikdasmen tujuan manajemen kelas adalah :

  1. Mewujudkan situasi dan kondisi kelas baik sebagai lingkungan belajar maupun sebagai kelompok belajar.
  2. Menghilangkan berbagai hambatan yang dapat menghalangi terwujudnya interaksi pembelajaran.
  3. Menyediakan dan mengatur pasilitas secara perabot belajar yang mendukung dan memungkinkan,siswa belajar sesuai dengan lingkungan sosial emosional dan intelektual siswa dalam kelas.
  4. mwmbina dan membingbing siswa sesuai sengan latar belakang sosial ekonomi budaya serta sifat-sifat individual.

B. kegiatan pengelolaan kelas

            Kegiatan-kegiatan yang perlu di laksanakan dalam pengelolaan kelas adalah :

  1. Mengecek kehadiran siswa
  2. mengumpulkan hasil pekerjaan siswa,memeriksa dan menilai hasil pekerjaan tersebut.
  3. pendistribusian bahan dan alat.
  4. mengumpulkan informasi dari siswa.
  5. mencatat data.
  6. pemeliharaan arsip.
  7. menyampaikan materi pelajaran.
  8. memberikan tugas/PR

Hal-hal yang harus di perhatikan oleh guru baru yang pertemuan pertama dengan siswa di kelas menurut dirjen nuod dan dirjen dikdasmen (1996:13) dalah

  1. ketika berte,mu dengan siswa guru harus
    1. bersikap tenang dan percaya diri.
    2. tidak menunjukan rasa cemas.
    3. Memberikan salam selalu memperkenalkan diri
    4. Memberikan pormat isian tentang data pribadi.
  2. guru memberikan tugas dengan tertib dan lancar
  3. mengatuir  tempat duduk siswa dengan tertib dan teratur
  4. menentukan tata cara berbicara dengan tanya jawab.
  5. bertindak disiplin baik terhadap siswa maupun terhadap diri sendiri

C. Masalah-masalah dan pemecahan masalah pengelolaan kelas,masalah pengelolaan kelas menurut M.entang dan T.raka joni (1983:12) di kelompokan menjadi dua kategori yaitu masalah individual dan kelompok meskipun perbedaan keduanya merupakan tekanan saja.tindakan pengelolaan kelas yang di lakukan oleh guru akan efektif apabila ia dapat mengidentifikasi dengan baik.

            Cara-cara untuk mencapai tujuan dengan cara yang tidak baik itu oleh Rodolf dreikurs dan pearl cassel yang di kutif oleh M.entang dan T. raka joni di golongkan menjadi empat yaitu :

  1. tingkah l;aku yang ingin mendapat perhatian orang lain (attention getting behaviors),misalnya membadut di kelas atau berbuat lamban sehingga perlu mendapat perrolongan ekstra.
  2. tingkah laku yang ingin menunjukan kekuatan (power seeking behaviors)
  3. tingkah laku yang bertujuan menyakiti orang lain (revenge secking behaviors)
  4. peragaan ketidak mampuan (passive behaviors)

Masalah kelompok dalam pengelolaan kelas menurut Lois.V johnson dan Marya.A bany mengemukakan tujuh katregori masalah kelompok dalam pengelolaan kelas yaitu :

  1. kelas kurang kohesif karena alasan,jenis kelamin,suku,tingkah laku sosial ekonomi dsb.
  2. kelas mereakdi negatif terhadap salah seorang anggota.
  3. penyimpangan diri norma-norma tingkah laku yang telh di sepakati sebelumnya.
  4. membesarkan hati anggota kelas yang justru melanggar norma kelompok.
  5. kelompok cenderung mudah di didihkan perhatiannya dari tugas yang tengah tengah di garap.
  6. semangat kerja rendah misalnya aksi protes kepada guru karena tugas yang di berikan kurang adil
  7. kelas kurang menyesuaikan diri dengan keadaan baru.

D. usaha pencegahan  masalah pengelolaan kelas

            Pengelolaan kelas merupakan kegiatan atau tindakan guru dalam rangka menyediakan kondisi yang optimal agar proses belajar mengajar  berlangsung epektif,tindakan tersebut dapat berupa tindakan yang bersipat pencegahan dan atau tindakan yang bersipat korektif.tindakan yang bersipat pencegahan (preventif) yaitu dengan jalan menyediakan kondisi baik pisik maupun sosio-emosional sehingga terasa benar oleh siswa rasan kenyamanan dan keamanan untuk belajar.

E. Usaha yang bersipat pencegahan

            Tindakan pencegahan adalah tindakan yang dilakukan sebelum munculnya tingkah laku yang menyimpang yang mengganggu kondisi optimal berlangsungnya pembelajaran.keberhsilan dalam tindakan pencegahan merupakan salah stu indikator keberhasilan manajemen kelas.

F. Peningkatan kesadaran diri sebagai guru

            Langkah peningkatan kesadaran diri sebagai guru merupakan langkah yang setrategis dan mendasar.karena dengan di miliki kesadara tersebut akan menungkatkan rasa tanggung jawab daqn rasa yang di milikinya yang merupakan dasar bagi guru dalam melaksanakan tugasnya.implikasi adanya kesadaran diri sebagai guru akan tampak pada sikap guru yang demokratis,sikap yang stabil,kepribadian yang harmonis dan berwibawa.

G. Peningkatan kesadaran peserta didik

            Interaksi posirif antara peserta didik dengan guru dalam proses pembelajarsan terjadi apabila dua kesadaran  (kesadaran guru dan peserta didik),bertemu kurangnya kesadaran peserta didik akan menumbuhkan sikap suka marah,mudah tersinggung yang pada gilirannya memungkinkan antara peserta didik melakukan tindakan tindakan yang kurang terpuji.

H. Sikap polos dan tulus dari guru

            Guru hendaknya bersikap polos dan tulus terhadap peserta didik,sikap ini mengandung makna bahwa dan guru dalam segala tindakannya tidak boleh berpura pura bersikap dan bertindak apa adanya,sikap dan tingkah laku seperti itu sangat membantu dalam mengelola kelas.

I. Mengenal dan menemukan alternatip pengelolaan

            Untuk mengenal dan menemukan alternatif pengelolaan,langkah ini menuntut guru :

  1. melakukan tindakan identipikasi berbagai penyimpangan prilakupeserta didik yang sipatnya individual maupun kelompok.
  2. mwngenal berbagai pendekatan dalam manajemen kelas.guru hendaknya berusaha menggunakan pendekatan menejemen yang di anggap tepat untuk mengatasi suatu situasi.
  3. mempelajari pengalaman guru guru lsinnya yang gagal atu berhasilnya sehingga dirinya memiliki alternatip yang berpariasi dalam menangani berbagai manajemen kelas.

J. Menciptakan kontrak sosial

      Menciptakan kontrak sosial berkaitan dengan standar tingkah laku yang di harapkan seraya memberi gambaran tentang pasilitas beserta keterbatasannya dalam memenuhi kebutuhan peserta didik.

      Dalam rangka mengelola kelas norma berupa kontrol sosial (tata tertib) dengan sangsinya dengan mengatur kehidupan di dalam kelas.

K. Usaha yang bersifat penyembuhan

      Kegiatan yang bersipat penyembuhan mempunyai sipat tersebut

  1. Mengidentifikasi masalah

Pada langkah ini guru mengenal atau mengetahui masalah masalah pengelolaan kelas yang timbul dalam kelas.berdasarkan masalah tersebut guru mengidentifikasi jenis penyimpangan sekaligus mengetahui latar belakang yang memuat peserta didik melakukan penyimpangan tersebut.

B.     Menganalisis masalah

            Pada langkah ini guru menganalisis penyimpangan peserta didik dan menyimpulkan latar belakang dan sumber sumber dari penyimpangan itu.selanjutnya menentukan alternatif-alternatif penanggulangannya

C.     Menilai alternatif-altrnitif pemecahan

            Pada langkah ini guru menilai dan memilih altrnatif pemecahan masalah yang di anggap tepat  dalam menanggulangi masalah.

      D.  Mendapatkan baikan

            Pada langkah ini guru melaksanakan monitoring dengan maksud mernilai keampuhan pelaksanaan alternatif pemecahan yang di pilih untuk mencapai sasaran yang sesuai dengan yang di rencanakan.

D.    Faktor-faktor yang mempengaruhi pengelolaan kelas

Untuk mewujudkan pengelolaan kelas yang baik,ada beberapa paktor yang mempengaruhinya antara lain:

      1. kondisi fisik

          Lingkungan fisik tempat belajar mempunyai pengaruh penting terhadap pembelajaran dsan mempunyai pengaruh positip terhadap pencapaian tujuan pengajaran.yang di maksud lingkungan pisik adalah

a.       Ruang tempat berlangsungnya belajar mengajar harus leluasa agar semua siswa bergerak leluasa,tidak berdesak-desak dan saling mengganggu antara siswa yang satu dengan yang lainnya.

b.      Pengaturan tempat duduk,tempat duduk harus memungkinkan agar tatap muka antara siswa dengan guru lebih baik,dan guru dapat mengontrol tingkah laku siswa,juga dengan pengaturan tempat duduk yang baik dapat melancarkan proses belajar mengajar.

c.       Ventilasi dan pengaturan cahaya,ventilasi harus cukup menjamin kesehatan siswa agar proses belajar mengajar berlangsung dengan baik.

d.      Pengaturan penyimpanan barang-barang,barang-barang hendaknya di simpan pada tempat khusus yang mudah di capai kalau segera di perlukan dan akan di pergunakan bagi kepentingan belajar mengajar.

2.      Kondisi sosio emosional,kondisi sosio emosional dalam kelas dapat mempengaruhi yang cukup besar terhadap proses belajar mengajar.kondisi sosio emosional tersebut meliputi :

a.       Tife kepemimpinan

b.      Sikap guru

c.       Suara guru

d.      Pembinaan hubungan baik

3.      Kondisi organisasional

Kegiatan rutin yang dilakukan secara organisasional baik tingkat kelas maupun sekolah akan dapat mencegah masalah pengelolaan kelas.dengan kegiatan rutin yang telah di atur secara jelas dan di komunikasikan kepada semua siswa secara terbuka sehingga jelas pula bagi mereka.dengan demikian maka siswa/i akan terbiasa bertindak atau tingkah laku secara teratur dan di siplin. Kegiatan rutinitas sebagian besar antar lain:

a.           pergantian pelajaran

b.          guru berhalangan hadir

c.           masalah antara siswa

d.          upacara bendera

e.           kegiatan lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang di Website Imas Siti Nurjanah " Pendidikan, Kepramukaan, Materi SMP/MTS, Perangkat Pembelajaran" Kunjungi Youtube kami di Https://bit.ly/YT-ImasSN