Sabtu, 28 Mei 2022

PENGARUH KEUNGGULAN LOKASI TERHADAP KEGIATAN EKONOMI, TRANSPORTASI, KOMUNIKASI

keunggulan lokasi dapat berpengaruh terhadap kegiatan ekonomi, transportasi, dan komunikasi.

1.   Pengaruh Keunggulan Lokasi terhadap Kegiatan Ekonomi

a.   Kegiatan Ekonomi

Kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat ada tiga yaitu: produksi, distribusi dan konsumsi.

1)  Produksi

Produksi sering diartikan membuat barang. Produksi mengandung makna yang lebih luas. Produksi dalam arti sempit dapat diartikan sebagai kegiatan yang menghasilkan atau menciptakan barang dan jasa. Pelaku kegiatan produksi, disebut produsen.

Faktor produksi dalam kegiatan ekonomi dapat dibedakan menjadi empat yaitu :

a.    Faktor Produksi Alam (Sumber Daya Alam). Faktor produksi alam terdiri dari : tanah, air, tenaga alam, barang tambang, iklim.

b.    Faktor produksi Tenaga Kerja (Sumber Daya Manusia)

c.     Faktor Produksi Modal. Dalam pengertian ekonomi segala benda atau alat buatan manusia yang dapat digunakan untuk memperlancar proses produksi dalam menghasilkan barang atau jasa disebut modal.

d.    Faktor Produksi Kewirausahaan atau Entrepreneurship yaitu kemampuan intelektual seseorang untuk mengelola atau menyatukan ketiga faktor produksi di atas dalam suatu proses produksi.

2)  Distribusi

Distribusi merupakan kegiatan ekonomi yang menjembatani antara kegiatan produksi dan kegiatan konsumsi. Pelaku kegiatan distribusi disebut distributor. Distributor akan bertindak sebagai penghubung antara produsen dan konsumen. Beberapa unsur penting dalam distribusi yaitu :

a.      Pelaku saluran distribusi merupakan sekelompok lembaga yang ada di antara berbagai lembaga yang mengadakan kerjasama untuk mencapai suatu tujuan.

b.      Tujuan dari saluran distribusi adalah untuk mencapai pasar-pasar tertentu. Jadi pasar merupakan tujuan akhir dari kegiatan saluran distribusi.

c.      Aktivitas, yaitu pemindahan barang dari produsen ke konsumen untuk menciptakan kegunaan bagi pasar.

sistem distribusi dibedakan menjadi dua macam :

1. Distribusi Langsung yaitu hasil produksi disalurkan langsung oleh produsen ke konsumen, tanpa perantara. Dengan kata lain, para produsen menjual hasil produksinya langsung kepada konsumen

2. Distribusi Tidak Langsung yaitu hasil produksi tidak disalurkan langsung oleh produsen kepada konsumen, malainkan melalui para penyalur.

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang di Website Imas Siti Nurjanah " Pendidikan, Kepramukaan, Materi SMP/MTS, Perangkat Pembelajaran" Kunjungi Youtube kami di Https://bit.ly/YT-ImasSN