keunggulan lokasi dapat berpengaruh terhadap kegiatan ekonomi, transportasi, dan komunikasi.
1.
Pengaruh
Keunggulan Lokasi terhadap Kegiatan Ekonomi
a.
Kegiatan
Ekonomi
Kegiatan
ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat ada tiga yaitu: produksi, distribusi dan
konsumsi.
1) Produksi
Produksi sering diartikan membuat
barang. Produksi mengandung makna yang lebih luas. Produksi dalam arti sempit
dapat diartikan sebagai kegiatan yang menghasilkan atau menciptakan barang dan
jasa. Pelaku kegiatan produksi, disebut
produsen.
Faktor produksi dalam kegiatan ekonomi
dapat dibedakan menjadi empat yaitu :
a.
Faktor
Produksi Alam (Sumber Daya Alam).
Faktor produksi alam terdiri dari : tanah, air, tenaga alam, barang tambang,
iklim.
b.
Faktor
produksi Tenaga Kerja (Sumber Daya Manusia)
c.
Faktor
Produksi Modal. Dalam pengertian ekonomi segala benda atau alat buatan manusia
yang dapat digunakan untuk memperlancar proses produksi dalam menghasilkan barang
atau jasa disebut modal.
d.
Faktor
Produksi Kewirausahaan atau Entrepreneurship yaitu kemampuan intelektual seseorang untuk
mengelola atau menyatukan ketiga faktor produksi di atas dalam suatu proses
produksi.
2) Distribusi
Distribusi
merupakan kegiatan ekonomi yang menjembatani antara kegiatan produksi dan
kegiatan konsumsi. Pelaku kegiatan distribusi disebut distributor. Distributor
akan bertindak sebagai penghubung antara produsen dan konsumen. Beberapa unsur penting dalam
distribusi yaitu :
a.
Pelaku
saluran distribusi merupakan sekelompok lembaga yang ada di antara berbagai
lembaga yang mengadakan kerjasama untuk mencapai suatu tujuan.
b.
Tujuan
dari saluran distribusi adalah untuk mencapai pasar-pasar tertentu. Jadi pasar
merupakan tujuan akhir dari kegiatan saluran distribusi.
c.
Aktivitas,
yaitu pemindahan barang dari produsen ke konsumen untuk menciptakan kegunaan
bagi pasar.
sistem
distribusi dibedakan menjadi dua macam :
1.
Distribusi Langsung yaitu hasil
produksi disalurkan langsung oleh produsen ke konsumen, tanpa perantara. Dengan
kata lain, para produsen menjual hasil produksinya langsung kepada konsumen
2.
Distribusi Tidak Langsung yaitu hasil
produksi tidak disalurkan langsung oleh produsen kepada konsumen, malainkan
melalui para penyalur.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar