RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : X/Satu
Kelompok Mapel : Wajib Kelompok 1
MateriPokok : Ketentuan UUD NRI Tahun 1945 dalam Kehidupan Berbangsa
dan
Bernegara
AlokasiWaktu : 4 x 2 JP
Kompetensi Inti
KI.1 Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI.2 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KI.3 Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
KI.4 Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
1.2. Menghayati nilai-nilai konstitusional ketentuan Undang-undang
Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara,
warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan
secara adil
2.2 Mendukung
nilai-nilai yang terkandung dalam Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk,
agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan
3.2 Mengkatagorikan
ketentuan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 yang
mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan
kepercayaan, pertahanan dan keamanan
4.2 Menyaji
hasil analisis tentang ketentuan Undang-undang Negara Republik Indonesia Tahun
1945 yang mengatur wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan
kepercayaan, serta pertahanan dan keamanan
Indikator
·
Peserta
didik menghayati nilai-nilai konstitusional ketentuan Undang-undang Negara
Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga
negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan secara adil
·
Peserta didik bersikap peduli
terhadap ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan
penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan
·
Peserta didik mengamalkan ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk,
agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan
·
Peserta didik menganalisis ketentuan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang
wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan
dan keamanan
·
Peserta didik menyajikan
hasil analisis tentang ketentuan Undang-undang
Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur wilayah negara, warga negara
dan penduduk, agama dan kepercayaan, serta pertahanan dan keamanan
TujuanPembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan mampu:
·
Menerima
ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang
mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan
kepercayaan, pertahanan dan keamanan sebagai wujud rasa syukur pada Tuhan Yang
Maha Esa;
·
Bersikap
peduli terhadap penerapan ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan
penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan;
·
Menelaah
ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang
mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan
kepercayaan, serta pertahanan dan keamanan;
·
Menyajikan
hasil telaah tentang ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945 yang mengatur wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan
kepercayaan, serta pertahanan dan keamanan.
Materi Pembelajaran
ü Fakta
Berkaitan dengan wilayah negara Indonesia,
pada 13 Desember 1957, pemerintah Indonesia
mengeluarkan Deklarasi Djuanda.
ü Konsep
1.
Pengertian wilayah negara
2.
Ruang lingkup wilayah negara
Indonesia
3.
Pengertian penduduk dan warga negara
4.
Hakikat pertahanan negara
ü Prinsip
1.
Perundang-undangan
yang berisi penjelasan mengenai wilayah Indonesia
2.
Undang-Undang
Dasar NRI 1945
Metode Pembelajaran
Pendekatan : Pendekatan kelompok
Model : Siklus Eksplorasi, Elaborasi,
Konfirmasi
Metode : 1. Ceramah
2. Curah Pendapat
3. Presentasi
5. Diskusi
6. Penugasan
Media dan Sumber Pembelajaran
1. Media
a.
Laptop, CPU
b.
LCD Projector
c.
Film/Video
d.
Gambar/Foto
2. Sumber Belajar
a.
Buku Ajar Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan X Kurikulum 2013, Penerbit Erlangga
b.
Referensi
lain yang relevan
c.
Internet
(jika tersedia)
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Rincian
Kegiatan |
Waktu |
Pendahuluan ·
Guru memberi salam dan menunjuk
ketua kelas untuk memimpin doa bersama. ·
Guru mengondisikan kelas, agar
kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan cara meminta peserta
didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat duduk, menyiapkan buku
pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat tulis yang diperlukan. ·
Guru mengajak peserta didik agar
selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang diperoleh di dalam kehidupan sebagai
tanda syukur kepada Tuhan. ·
Guru mengajak peserta didik
untuk proaktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan. ·
Guru memberi penjelasan tentang
cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan pembelajaran yang akan
dicapai. ·
Guru membuat kesepakatan dengan
peserta didik terkait kegiatan yang akan dilakukan (termasuk di dalamnya
tentang pembagian kelompok kerja peserta didik). ·
Guru menampilkan beberapa
permasalahan dalam kehidupan terkait materi pembelajaran dalam bentuk
gambar/slide/video. |
15 menit |
Kegiatan Inti: Mengamati ·
Guru
meminta peserta didik untuk membaca buku/referensi tentang Ketentuan UUD NRI
Tahun 1945 dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, khususnya materi tentang Wilayah Negara
Kesatuan Republik Indonesia. ·
Guru
memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengamati beberapa permasalahan
yang terkait dengan materi yang sedang dipelajari, yaitu Wilayah Negara
Kesatuan Republik Indonesia. ·
Peserta
didik mengamati slide persentasi yang disajikan oleh guru tentang Wilayah
Negara Kesatuan Republik Indonesia. Menanya ·
Guru
meminta peserta didik untuk menjawab pre-test yang diberikan guru. Pre-test
berupa pertanyaan seputar Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. ·
Guru
memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan terkait
hasil pengamatan tentang Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. ·
Guru
menampung pertanyaan peserta didik dan memberi kesempatan kepada tiap peserta
didik atau menunjuk secara acak peserta didik untuk menjawab pertanyaan
temannya. Mengeksplorasi ·
Peserta
didik mencari jawaban pertanyaan pre-test yang diberikan guru dengan membaca
buku ajar dan buku referensi lain. ·
Peserta
didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab yang dilakukan dan
melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi terkait Wilayah
Negara Kesatuan Republik Indonesia. ·
Peserta
didik berdiskusi atau melakukan kegiatan secara berkelompok untuk
mengidentifikasi dan menganalisis ragam informasi yang diperoleh, kemudian
dijadikan bahan untuk menyimpulkan. Mengasosiasikan ·
Peserta
didik menyusun hasil diskusi/laporan kegiatan yang berkaitan Wilayah Negara
Kesatuan Republik Indonesia. ·
Peserta
didik menyimpulkan hasil diskusi/laporan kegiatan yang berkaitan dengan Wilayah
Negara Kesatuan Republik Indonesia
sebagai bahan presentasi di depan kelas. Mengomunikasikan ·
Peserta
didik membuat laporan hasil diskusi/ kegiatan yang sudah dilakukan. ·
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi/ kegiatan yang sudah dilakukan di depan
kelas dan peserta didik dari kelompok lain memberikan tanggapan. ·
Guru
memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik. |
60 menit |
Penutup Guru bersama peserta didik baik secara individual
maupun kelompok melakukan refleksi untuk: ·
Mengevaluasi
seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk
selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung
dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung; ·
Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; ·
Memberi
perintah mengerjakan ulangan harian dengan jujur dan tertib di kelas; ·
Memberi
tugas rumah untuk mengerjakan tugas atau jenis kegiatan siswa lain baik
secara berkelompok dengan baik sesuai perintah guru; ·
Menginformasikan
rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya; ·
Menutup
kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan
kepercayaannya masing-masing. |
15 menit |
Pertemuan kedua
Rincian
Kegiatan |
Waktu |
Pendahuluan ·
Guru mengucapkan salam kepada
siswa dengan senyum yang bersahabat/ komunikatif; ·
Guru mengajak siswa berdoa
bersama sesuai keyakinan masing-masing; ·
Guru memeriksa kehadiran siswa; ·
Guru melakukan apersepsi dan
memotivasi siswa dengan cara mengajukan pertanyaan tentang Kedudukan Warga
Negara dan Penduduk Indonesia; ·
Guru menyampaikan materi
pembelajaran, tujuan pembelajaran yang harus dicapai siswa dan kegiatan
pembelajaran hari ini; |
15 menit |
Kegiatan Inti: Mengamati ·
Siswa dibagi ke dalam empat kelompok secara heterogen. ·
Setiap kelompok diberikan buku
pembelajaran dan ditentukan materi untuk dipelajari
dalam kelompok dan membuat ringkasan materi yang dipelajari, yaitu
Kedudukan Warga Negara dan Penduduk Indonesia. ·
Guru
memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengamati beberapa permasalahan
yang terkait dengan materi yang sedang dipelajari. Menanya ·
Guru
memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan terkait
hasil pengamatan mereka tentang Kedudukan Warga Negara dan Penduduk Indonesia. ·
Guru
menampung pertanyaan peserta didik dan memberi kesempatan kepada tiap peserta
didik atau menunjuk secara acak peserta didik untuk menjawab pertanyaan
temannya. ·
Guru
mengamati, menjawab pertanyaan, dan membimbing siswa atau kelompok yang masih
ada kesulitan. Mengeksplorasi ·
Peserta
didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab yang dilakukan dan melengkapinya
dengan membaca buku ajar dan buku referensi terkait Kedudukan Warga Negara
dan Penduduk Indonesia. Mengasosiasikan ·
Peserta
didik menyusun hasil diskusi tentang Kedudukan Warga Negara dan Penduduk
Indonesia. Mengomunikasikan ·
Peserta
didik menuliskan laporan kerja kelompok. ·
Peserta
didik mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas dan peserta didik
dari kelompok lain memberikan tanggapan. ·
Guru
mengamati penyampaian hasil diskusi dan meminta kelompok lain menjadi penyanggah.
Kemudian Kelompok penyaji menanggapi, mencatat, dan menjawab setiap
pertanyaan dari kelompok lain. ·
Guru
memberikan apresiasi kepada kelompok penyaji dan kelompok lain yang
berpartisipasi aktif. Selanjutnya, guru memberikan penegasan pada setiap
pokok materi bahasan hasil diskusi. |
60 menit |
Penutup Guru bersama peserta didik baik secara individual
maupun kelompok melakukan refleksi untuk: ·
Mengevaluasi
seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk
selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung
dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung; ·
Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; ·
Memberi
perintah mengerjakan ulangan harian dengan jujur dan tertib di kelas; ·
Memberi
tugas rumah untuk mengerjakan tugas atau jenis kegiatan siswa lain baik
secara berkelompok dengan baik sesuai perintah guru; ·
Menginformasikan
rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya; ·
Menutup kegiatan
pembelajaran dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaannya
masing-masing. |
15 menit |
Pertemuan ketiga
Rincian
Kegiatan |
Waktu |
Pendahuluan ·
Guru mengucapkan salam kepada
siswa dengan senyum yang bersahabat/ komunikatif; ·
Guru mengajak siswa berdoa
bersama sesuai keyakinan masing-masing; ·
Guru memeriksa kehadiran siswa; ·
Guru melakukan apersepsi dan
memotivasi siswa dengan cara mengajukan pertanyaan tentang Kemerdekaan Beragama dan Berkepercayaan di Indonesia; ·
Guru menyampaikan materi
pembelajaran, tujuan pembelajaran yang harus dicapai siswa dan kegiatan
pembelajaran hari ini; |
15 menit |
Kegiatan Inti: Mengamati ·
Siswa dibagi ke dalam empat kelompok secara heterogen. ·
Setiap kelompok diberikan buku pembelajaran dan ditentukan materi untuk dipelajari dalam kelompok
dan membuat ringkasan materi yang dipelajari, yaitu
Kemerdekaan
Beragama dan
Berkepercayaan di
Indonesia. ·
Guru
memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengamati beberapa permasalahan
yang terkait dengan materi yang sedang dipelajari. Menanya ·
Guru
memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan terkait
hasil pengamatan mereka tentang Kemerdekaan
Beragama dan
Berkepercayaan di
Indonesia. ·
Guru
menampung pertanyaan peserta didik dan memberi kesempatan kepada tiap peserta
didik atau menunjuk secara acak peserta didik untuk menjawab pertanyaan
temannya. ·
Guru
mengamati, menjawab pertanyaan, dan membimbing siswa atau kelompok yang masih
ada kesulitan. Mengeksplorasi ·
Peserta
didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab yang dilakukan dan
melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi terkait Kemerdekaan
Beragama dan
Berkepercayaan di
Indonesia. Mengasosiasikan ·
Peserta
didik menyusun hasil diskusi tentang Kemerdekaan
Beragama dan
Berkepercayaan di
Indonesia. Mengomunikasikan ·
Peserta
didik menuliskan laporan kerja kelompok. ·
Peserta
didik mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas dan peserta didik dari
kelompok lain memberikan tanggapan. ·
Guru
mengamati penyampaian hasil diskusi dan meminta kelompok lain menjadi
penyanggah. Kemudian Kelompok penyaji menanggapi, mencatat, dan menjawab
setiap pertanyaan dari kelompok lain. ·
Guru
memberikan apresiasi kepada kelompok penyaji dan kelompok lain yang
berpartisipasi aktif. Selanjutnya, guru memberikan penegasan pada setiap
pokok materi bahasan hasil diskusi. |
60 menit |
Penutup Guru bersama peserta didik baik secara individual
maupun kelompok melakukan refleksi untuk: ·
Mengevaluasi
seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk
selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung
dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung; ·
Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; ·
Memberi
perintah mengerjakan ulangan harian dengan jujur dan tertib di kelas; ·
Memberi
tugas rumah untuk mengerjakan tugas atau jenis kegiatan siswa lain baik
secara berkelompok dengan baik sesuai perintah guru; ·
Menginformasikan
rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya; ·
Menutup
kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan
kepercayaannya masing-masing. |
15 menit |
Pertemuan keempat
Rincian
Kegiatan |
Waktu |
Pendahuluan ·
Guru memberi salam dan menunjuk
ketua kelas untuk memimpin doa bersama. ·
Guru mengondisikan kelas, agar
kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan cara meminta peserta
didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat duduk, menyiapkan buku
pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat tulis yang diperlukan. ·
Guru mengajak peserta didik agar
selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang diperoleh di dalam kehidupan sebagai
tanda syukur kepada Tuhan. ·
Guru mengajak peserta didik
untuk proaktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan. ·
Guru memberi penjelasan tentang
cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan pembelajaran yang akan
dicapai. ·
Guru membuat kesepakatan dengan
peserta didik terkait kegiatan yang akan dilakukan (termasuk di dalamnya
tentang pembagian kelompok kerja peserta didik). ·
Guru menampilkan beberapa
permasalahan dalam kehidupan terkait materi pembelajaran dalam bentuk
gambar/slide/video. |
15 menit |
Kegiatan Inti: Mengamati ·
Guru
meminta peserta didik untuk membaca sebentar tentang Sistem Pertahanan dan
Keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia. ·
Guru
memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengamati beberapa permasalahan
yang terkait dengan Sistem Pertahanan dan Keamanan Negara Kesatuan Republik
Indonesia. ·
Peserta
didik mengamati gambar tentang Sistem Pertahanan dan Keamanan Negara Kesatuan
Republik Indonesia. Menanya ·
Guru
meminta peserta didik untuk menjawab pre-test yang diberikan guru. Pre-test
berupa pertanyaan seputar objek pendidikan kewarganegaraan serta Sistem
Pertahanan dan Keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia. ·
Guru
memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan terkait
hasil pengamatan mereka tentang Sistem Pertahanan dan Keamanan Negara
Kesatuan Republik Indonesia. ·
Guru
menampung pertanyaan peserta didik dan memberi kesempatan kepada tiap peserta
didik atau menunjuk secara acak peserta didik untuk menjawab pertanyaan
temannya. Mengeksplorasi ·
Peserta
didik mencari jawaban pertanyaan pre-test yang diberikan guru dengan membaca
buku ajar dan buku referensi lain. ·
Peserta
didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab yang dilakukan dan melengkapinya
dengan membaca buku ajar dan buku referensi terkait Sistem Pertahanan dan
Keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia. ·
Peserta
didik berdiskusi atau melakukan kegiatan secara berkelompok untuk
mengidentifikasi dan menganalisis ragam informasi yang diperoleh, kemudian
dijadikan bahan untuk menyimpulkan (Sebagai bahan diskusi/kegiatan, guru
dapat meminta siswa untuk mengerjakan tugas/kegiatan siswa yang ada dalam
buku ajar). Mengasosiasikan ·
Peserta
didik menyusun hasil diskusi tentang Sistem Pertahanan dan Keamanan Negara
Kesatuan Republik Indonesia. ·
Peserta
didik merumuskan tentang Sistem Pertahanan dan Keamanan Negara Kesatuan
Republik Indonesia. Mengomunikasikan ·
Peserta
didik menuliskan laporan kerja kelompok. ·
Peserta
didik mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas dan peserta didik
dari kelompok lain memberikan tanggapan. ·
Guru
memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik. |
60 menit |
Penutup Guru bersama peserta didik baik secara individual
maupun kelompok melakukan refleksi untuk: ·
Mengevaluasi
seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk
selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung
dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung; ·
Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; ·
Memberi
perintah mengerjakan ulangan harian dengan jujur dan tertib di kelas; ·
Memberi
tugas rumah untuk mengerjakan tugas atau jenis kegiatan siswa lain baik
secara berkelompok dengan baik sesuai perintah guru; ·
Menginformasikan
rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya; ·
Menutup
kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan
kepercayaannya masing-masing. |
15 menit |
Penilaian
No. |
Kompetensi |
Teknik |
Instrumen |
Keterangan |
1. |
KI 1 dan KI 2 |
Observasi
|
·
Lembar observasi |
Terlampir |
2. |
KI 3 |
Tes tertulis |
·
Pilihan ganda ·
Uraian ·
Tugas (mandiri atau kelompok) |
Terlampir |
3. |
KI 4 |
Kinerja |
·
Lembar
laporan tugas |
Terlampir |
Lampiran
Penilaian KI 1
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR
OBSERVASI)
A.
Petunjuk Umum
1.
Instrumen
penilaian sikap spiritual ini berupa Lembar Observasi. Observasi merupakan
teknik penilaian yang dilakukan secara berkesinambungan dengan menggunakan
indera, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan
instrument yang berisi sejumlah indikator perilaku yang diamati. Pada jenjang
SMA/MA, kompetensi sikap spiritual mengacu pada KI-1: Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Instrumen ini
diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.
B.
Petunjuk Pengisian
Secara periodik, misalnya 1 atau 2 minggu sekali guru melakukan
penilaian sikap spiritual peserta didik. Caranya, guru memberi tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang
ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut.
·
4 = selalu, apabila peserta didik selalu melakukan sesuai pernyataan.
·
3 = sering, apabila peserta didik sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang
tidak
melakukannya.
·
2 = kadang-kadang, apabila peserta didik kadang-kadang melakukan dan sering tidak
melakukannya.
·
1 = tidak pernah, apabila peserta didik tidak pernah melakukannya.
C.
Lembar
Observasi
Kelas : ….
Semester : ….
Tahun Ajaran : ….
Periode Pengamatan : Tanggal … s.d. ….
No |
Aspek Pengamatan |
|
1 |
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu |
|
2 |
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan |
|
3 |
Memberi
salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi |
|
4 |
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan |
|
5 |
Melaksanakan ibadah
keseharian baik yang diwajibkan maupun yang dianjurkan sesuaidengan agama
yang dianutnya |
|
Jumlah Skor |
Lembar Observasi
No. |
Nama Peserta Didik |
Aspek Pengamatan |
Jumlah |
Rerata Skor |
Nilai |
Keterangan |
||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
||||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru Mata Pelajaran
______________________
NIP.
Penilaian KI 2
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL
(LEMBAR
OBSERVASI)
A.
Petunjuk Umum
1.
Instrumen
penilaian sikap sosial ini berupa Lembar Observasi. Sikap sosial yang dikembangkan pada
Kompetensi Inti 2 di jenjang SMA/MA
meliputi:
a.
jujur
b.
kreatif
c.
disiplin
d.
tanggung
jawab
e.
toleransi
f.
gotong royong
g.
santun
h.
responsif
i.
pro aktif
2.
Instrumen ini
diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.
B.
Petunjuk Pengisian
Secara periodik, misalnya 1 atau 2 minggu sekali guru melakukan
penilaian sikap sosial peserta didik. Caranya, guru memberi tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap sosial yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai
berikut.
·
4 = selalu, apabila peserta didik selalu melakukan sesuai pernyataan.
·
3 = sering, apabila peserta didik sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang
tidak melakukannya.
·
2 = kadang-kadang, apabila peserta didik kadang-kadang melakukan dan
sering tidak
melakukannya.
·
1 = tidak pernah, apabila peserta didik tidak pernah melakukannya.
Guna memudahkan penilian, guru dapat membaca indikator tiap-tiap
aspek sosial sebagai berikut.
Tabel Daftar Deskripsi Indikator
Sikap dan
Pengertian |
Contoh Indikator |
1. Jujur adalah perilaku dapat
dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan. |
· Tidak
menyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan · Tidak
menjadi plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan
sumber) · Mengungkapkan
perasaan apa adanya · Menyerahkan
kepada yang berwenang barang yang ditemukan · Membuat
laporan berdasarkan data atau informasi apa adanya · Mengakui
kesalahan atau kekurangan yang dimiliki |
2. Kreatif Kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa
gagasan maupun karya nyata, baik dalam bentuk karya baru maupun kombinasi
dengan hal-hal yang sudah ada, yang belum pernah ada sebelumnya. |
·
Menghasilkan ide/karya
inovatif yang
dipublikasikan/dipasarkan. ·
Menghasilkan
ide/karya inovatif untuk kalangan
sendiri/ skala kecil. ·
Memodifikasi dan
menggabungkan beberapa ide/karya untuk menghasilkan gagasan/karya baru. ·
Mencoba
membuat ide/karya dari contoh yang
sudah ada. |
3.
Disiplin adalah tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada
berbagai ketentuan dan peraturan. |
·
Datang tepat waktu ·
Patuh pada tata tertib atau aturan bersama/
sekolah ·
Mengerjakan/mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan ·
Mengikuti kaidah berbahasa tulis yang baik dan
benar |
4.
Tanggungjawab adalah sikap dan perilaku seseorang untuk
melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap
diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan
Tuhan Yang Maha Esa |
·
Melaksanakan tugas individu dengan baik ·
Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan ·
Tidak menyalahkan/menuduh orang lain tanpa
bukti yang akurat ·
Mengembalikan barang yang dipinjam ·
Mengakui dan meminta maaf atas kesalahan yang
dilakukan ·
Menepati janji ·
Tidak menyalahkan orang lain utk kesalahan tindakan kita sendiri ·
Melaksanakan apa yang pernah dikatakan tanpa
disuruh/diminta |
5.
Toleransi adalah sikap dan tindakan yang menghargai keberagaman latar
belakang, pandangan, dan keyakinan |
·
Tidak mengganggu teman yang berbeda pendapat ·
Menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan
pendapatnya ·
Dapat menerima kekurangan orang lain ·
Dapat mememaafkan kesalahan orang lain ·
Mampu dan mau bekerja sama dengan siapa pun
yang memiliki keberagaman latar belakang, pandangan, dan keyakinan ·
Tidak memaksakan pendapat atau keyakinan diri
pada orang lain ·
Kesediaan untuk belajar dari (terbuka terhadap) keyakinan dan gagasan
orang lain agar dapat memahami orang lain lebih baik ·
Terbuka terhadap atau kesediaan untuk menerima
sesuatu yang baru |
6.
Gotongroyong adalah bekerja bersama-sama dengan orang lain untuk mencapai
tujuan bersama dengan saling berbagi tugas dan tolong menolong secara ikhlas. |
·
Terlibat aktif dalam bekerja bakti membersihkan
kelas atau sekolah ·
Kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan ·
Bersedia membantu orang lain tanpa mengharap
imbalan ·
Aktif dalam kerja kelompok ·
Memusatkan perhatian pada tujuan kelompok ·
Tidak mendahulukan kepentingan pribadi ·
Mencari jalan untuk mengatasi perbedaan
pendapat/pikiran antara diri sendiri dengan orang lain ·
Mendorong orang lain untuk bekerja sama demi
mencapai tujuan bersama |
7.
Santun adalah sikap baik dalam
pergaulan baik dalam berbahasa maupun bertingkah laku. Norma kesantunan
bersifat relatif,
artinya yang dianggap baik/santun pada tempat dan waktu tertentu bisa berbeda
pada tempat dan waktu yang lain. |
·
Menghormati orang yang lebih tua. ·
Tidak berkata-kata kotor,
kasar,
dan takabur. ·
Tidak meludah di sembarang tempat. ·
Tidak menyela pembicaraan pada waktu yang tidak
tepat ·
Mengucapkan terima kasih setelah menerima
bantuan orang lain ·
Bersikap 3S (salam, senyum, sapa) ·
Meminta ijin ketika akan memasuki ruangan orang
lain atau menggunakan barang milik orang lain ·
Memperlakukan orang lain sebagaimana diri
sendiri ingin diperlakukan |
8. Responsif Adalah kesadaran akan tugas yang
harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Kepekaan yang tajam dalam menyikapi
berbagai hal yang dihadapinya dan kepahaman makna tanggungjawab yang harus
dipikul adalah ciri utama kepribadiannya |
·
Tanggap terhadap
kerepotan pihak lain dan segera memberikan solusi dan atau pertolongan ·
Berperan aktif
terhadap berbagai kegiatan sekolah dan/atau sosial ·
Bergerak cepat dalam melaksanakan tugas/kegiatan ·
Berfikir lebih maju terhadap segala hal |
9. Proaktif Adalah sikap seseorang yang
mampu membuat pilihan dikala mendapatkan stimulus.
Seseorang yang bersikap proaktif mampu memberi jeda antara datangnya stimulus
dengan keputusan untuk memberi respon. Pada saat jeda tersebut seseorang yang
proaktif dapat membuat pilihan dan mengambil respon yang dipandang terbaik
bagi dirinya. |
·
Berinisiatif dalam
bertindak terkait dengan tugas/pekerjaan atau social ·
Mampu memanfaatkan peluang yang ada ·
Memiliki motivasi untuk terus maju dan berkembang ·
Fokus pada
hal-hal yang memungkin-kan untuk
diubah atau diperbaik |
C.
Lembar
Observasi
Kelas : ….
Semester : ….
TahunAjaran : ….
Periode Pengamatan : Tanggal … s.d. ….
No |
Nama Peserta Didik |
|
|
Sikap |
Jumlah |
Rerata Skor |
Nilai |
Keterangan |
||||||
Jujur |
Kreatif |
Disiplin |
Tanggung Jawab |
Toleransi |
Gotong Royong |
Santun |
Responsif |
Pro aktif |
||||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru Mata Pelajaran
___________________
NIP.
Penilaian KI 3
(Ambil soal di ulangan harian)
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang jelas dan
tepat!
Kerjakan dengan jujur! Yakinlah pada kemampuanmu!
1.
Jelaskan ketentuan UUD NRI tahun
1945 dalam kehidupan berbangsa dan bernegara!
2.
Sebutkan isi dari deklarasi
Djuanda!
3.
Apakah perbedaan antara
penduduk dan warga negara?
4.
Bagaimanakah bentuk
kerukunan umat beragama di Indonesia?
5. Bagaimanakah kedudukan dan peran TNI serta Polri
dalam pembelaan negara?
Guru Mata Pelajaran
______________________
NIP.
Penilaian KI 4
Penilaian Kinerja
Lakukan kegiatan berikut ini! Bekerjasamalah dengan
kelompokmu!
Bentuklah kelompok beranggotakan 5 orang! Dalam
berdiskusi hargailah pendapat anggota kelompok Anda dalam menyampaikan suatu pendapat dan saling
menghormati dengan pendapat yang berbeda.
1. Buatlah sebuah karya ilmiah yang membahas
tentang hal-hal berikut ini!
a.
Wilayah
Negara Kesatuan Republik Indonesia
b.
Kedudukan
Warga Negara dan Penduduk Indonesia
c.
Kemerdekaan
Beragama dan Berkepercayaan di Indonesia
d.
Sistem
Pertahanan dan Keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia
2. Gunakan kaidah-kaidah dan tata tulis penulisan
karya ilmiah!
3. Kerjakan di buku tugas Anda dan kumpulkan hasil
pekerjaan Anda kepada guru untuk dinilai!
Mengetahui,
Guru Kelas/Mata Pelajaran Kepala
Sekolah ..........................
_______________________ _______________________
NIP NIP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar