Sabtu, 28 Mei 2022

KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTAR RUANG DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI, SOSIAL, BUDAYA DI INDONESIA DAN ASEAN

A.   Keunggulan dan Keterbatasan Antar ruang serta Peran Pelaku Ekonomi dalam Suatu Perekonomian

1.    Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang dalam Permintaan, Penawaran, dan Teknologi

faktor ruang akan menentukan tindakan seseorang sebagai konsumen. adanya interaksi antarruang adalah perbedaan potensi dan sumber daya alam yang dimiliki.

Sumber Daya Alam dan Persebarannya di Wilayah Indonesia:

Pulau

Provinsi

Sumber Daya Alam

sumatra

Aceh

Semen Andalas, pupuk AAF, minyak, emas, dan perak

Sumatra Utara

Minyak bumi, kertas, tekstil, dan ban mobil

Sumatra Barat

Semen, tenun, timah, batubara, dan granit

Riau

Minyak bumi, emas, perak, bauksit, dan kertas

Kepulauan Riau

Batubara

Jambi

Batubara, emas, minyak bumi, dan karet

Sumatra Selatan

Minyak bumi, batubara, karet, dan pupuk polipropilen

Bangka Belitung

Timah

Bengkulu

Emas, perak, dan batubara

Lampung

Emas, pupuk, kopi, dan sapi potong

Jawa

Jakarta

Pupuk TSP, tekstil, kayu lapis, susu, logam, dan benang

Jawa Barat

Minyak, teh, susu, sutra alam, baterai, kertas, semen, beras, dan pupuk

Banten

Minyak, baja, pipa, dan semen

Jawa Tengah

Semen, pupuk, kertas, kayu lapis, dan perkapalan

D.I. Yogyakarta

Batik, rokok, cerutu, emas, perak, dan kosmetik

Jawa Timur

Semen, perkapalan, kertas, pupuk, baterai, kaca, alkohol, kayu lapis, kereta api, garam, tembakau, cengkih, dan rokok

Bali

Bali

Tenun

Nusa Tenggara

Nusa Tenggara Timur

Semen Kupang, mangan, dan minyak cendana

Nusa Tenggara Barat

Emas, perak, dan mangan

Kalimantan

Kalimantan Barat

Bauksit, intan, minyak kelapa, rotan, dan karet

Kalimantan Tengah

Minyak kelapa, minyak bumi, intan, karet, dan rotan

Kalimantan Selatan

Batubara, intan, bijih besi, dan rotan

Kalimantan Timur

Kayu lapis, gas alam cair, minyak bumi, tenun, kristal, dan timah

Kalimantan Utara

Minyak, gas, kelautan, dan tambang

Sulawesi

Sulawesi Utara

Minyak kelapa, emas, marmer, mangan, gips, dan kayu

Sulawesi Tengah

Emas, bijih besi, nikel, dan mika

Sulawesi Tenggara

Nikel, minyak kelapa, aspal, dan kapur

Gorontalo

Emas, tembaga, tekstil, dan kayu

Maluku

Maluku

Emas, minyak bumi, dan minyak kayu putih

Maluku Utara

Minyak bumi, nikel, minyak kayu putih, dan asbes

Papua

Papua Barat

Minyak bumi, kayu gelondong, kayu lapis, emas, perak, aluminium, asbes, dan tembaga

Papua

Tembaga, minyak bumi, kayu lapis, marmer, aluminium, asbes, dan kayu gelondong

Perbedaan potensi inilah yang dapat mengakibatkan terjadinya permintaan dan penawaran, yang menimbulkan aktivitas perdagangan. Perbedaan potensi daerah ini juga menyebabkan perbedaan keunggulan masing-masing daerah.

2.    Pengertian Pelaku Ekonomi

Pelaku ekonomi adalah orang/lembaga yang melakukan kegiatan ekonomi. Ada 4 (empat) pelaku ekonomi, yaitu rumah tangga keluarga/konsumen, rumah tangga perusahaan/produsen, rumah tangga pemerintah, dan rumah tangga luar negeri. Hasil produksi sebagian disalurkan ke pembeli dalam negeri, sebagian lagi dijual ke masyarakat luar negeri. Hal ini menimbulkan arus barang dan jasa dari dalam negeri ke luar negeri, yang disebut ekspor. Selain kegiatan menjual barang dan jasa ke luar negeri, ada pula kegiatan membeli barang dan jasa dari negara-negara lain. Arus barang dan jasa yang masuk dari luar negeri ke dalam negeri disebut impor.

3.    Peran Pelaku Ekonomi dalam Perekonomian

a.    Peran Rumah Tangga Keluarga/Rumah Tangga Konsumen (RTK)

Rumah tangga konsumen memiliki dua peran, yaitu sebagai konsumen dan sebagai penyedia faktor produksi, yang meliputi penyediaan lahan, tenaga kerja, modal, dan keahlian. Pendapatan rumah tangga keluarga terdiri atas:

1) Sewa (rent), yaitu balas jasa yang diterima rumah tangga keluarga karena telah menyewakan tanahnya kepada perusahaan.

2) Upah (wage), yaitu balas jasa yang diterima rumah tangga keluarga karena telah mengorbankan tenaganya untuk bekerja pada perusahaan dalam kegiatan produksi.

3) Bunga (interest), yaitu balas jasa yang diterima rumah tangga keluarga karena telah meminjamkan sejumlah dana untuk modal usaha perusahaan dalam kegiatan produksi.

4) Laba/keuntungan (profit), yaitu balas jasa yang diterima rumah tangga keluarga karena telah memberikan kontribusi berupa tenaga dan pikirannya dalam mengelola perusahaan sehingga perusahaan memperoleh laba.

peran rumah tangga konsumen adalah sebagai: a. Pemakai (konsumen) barang dan jasa yang dihasilkan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. b. Pemasok faktor produksi kepada rumah tangga perusahaan untuk melakukan proses produksi.

Secara umum, faktor produksi dikelompokkan menjadi empat macam, yaitu alam (lahan), modal, tenaga kerja, serta kewirausahaan.

b.    Peran Rumah Tangga Perusahaan/Rumah Tangga Produsen (RTP)

Rumah tangga perusahaan atau biasa disebut sebagai produsen merupakan pelaku ekonomi yang berperan sebagai penyedia barang dan jasa bagi konsumen. Perusahaan mengorganisasikan berbagai faktor produksi yang disediakan konsumen, kemudian melakukan proses produksi untuk menghasilkan barang. Hasil produksi ini kemudian dijual atau ditawarkan di pasar. Rumah tangga produsen di Indonesia dikelompokkan menjadi Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Swasta (BUMS), dan Koperasi.

c.     Peran Rumah Tangga Pemerintah

1)    Pengatur atau Regulator dalam Perekonomian

2)    Konsumen

3)    Produsen

d.    Peran Rumah Tangga Luar Negeri

Pada era abad XXI ini, perekonomian yang tidak berhubungan dengan negara lain menjadi hal yang mustahil. Peran masyarakat luar negeri dalam perekonomian terlihat nyata dalam perdagangan internasional. Contoh perdagangan internasional: Indonesia mengekspor produk tekstil ke negara Jepang, dan Jepang mengekspor kendaraan bermotor ke Indonesia. Dengan transaksi tersebut terbentuklah kerja sama antara Indonesia dan masyarakat Jepang (masyarakat luar negeri).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang di Website Imas Siti Nurjanah " Pendidikan, Kepramukaan, Materi SMP/MTS, Perangkat Pembelajaran" Kunjungi Youtube kami di Https://bit.ly/YT-ImasSN