1. Pengertian Sistem
Sistem adalah suatu keseluruhan yang terdiri atas bagian-bagian yang saling berinteraksi dalam suatu proses untuk mengubah masukan (input) menjadi keluaran (output). Sistem itu susunan atau jaringan atau strategi merupakan suatu kesatuan komponen yang tidak bisa dipisahkan pengujiannya dengan feed back loap kita bisa mengontrol bagus tidaknya sistem setelah melakukan umpan balik tersebut.
2. Pengertian Manajemen
Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.Istilah manajemen, terjemahannya dalam bahasa Indonesia hingga saat ini belum ada keseragaman. Jadi, dengan kata lain Manajemen adalah suatu proses sosial yang berkenaan dengan keseluruhan usaha manusia dengan kebutuhan manusia lainnya, menggunakan metoda yang efektif dan efesien untuk mencapai tujuan yang ditentukan yang seharusnya.
3. Pengertian Pembelajaran
Pembelajaran merupakan suatu proses interaksi antara komponen-komponen sistem pembelajaran, konsep dan pemahaman pembelajaran dapat dipahami dengan menganalisis aktifitas komponen pendidik, peserta didik, bahan ajar, media, alat prosedur dan proses belajar.(Buku Kurikulum dan Pembelajaran hal lihat sama pak milad) dengan kata lain bahwa Pembelajaran merupakan suatu sistem atau proses membelajarkan subjek didik pembelajaran yang direncanakan atau didesain, dilaksanakan, dievaluasi secara sistematis agar subjek didik atau pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efesien.
4. Pengertian Manajemen Sistem Pembelajaran
Berpijak dari konsep manajemen dan
pembelajaran, maka konsep manajemen pembelajaran dapat diartikan proses
mengelola yang meliputi kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengendalian
(pengarahan) dan pengevaluasian kegiatan yang berkaitan dengan proses
membelajarkan si pembelajar dengan mengikutsertakan berbagai faktor di dalamnya
guna mencapai tujuan. Dalam “memanaje” atau mengelola pembelajaran, manajer
dalam hal ini guru melaksanakan berbagai langkah kegiatan mulai dari
merencanakan pembelajaran, mengorganisasikan pembelajaran, mengarahkan dan
mengevaluasi pembelajaran yang dilakukan. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam
hal menajemen pembelajaran sebagai berikut; jadwal kegiatan guru-siswa;
strategi pembelajaran; pengelolaan bahan praktik; pengelolaan alat bantu;
pembelajaran ber-tim; program remidi dan pengayaan; dan peningkatan kualitas
pembelajaran. Pengertian manajemen di atas hanya berkaitan dengan kegiatan yang
terjadi selama proses interaksi guru dengan siswa baik di luar kelas maupun di
dalam kelas. Pengertian ini bisa dikatakan sebagai konsep manajemen pembelajaran
dalam pengertian sempit.
Dengan berpijak dari beberapa
pernyataan di atas, kita dapat membedakan konsep manajemen pembelajaran dalam
arti luas dan dalam arti sempit. Manajemen pembelajaran dalam arti luas berisi
proses kegiatan mengelola bagaimana membelajarkan si pembelajar dengan kegiatan
yang dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan atau pengendalian
dan penilaian. Sedang manajemen pembelajaran dalam arti sempit diartikan
sebagai kegiatan yang perlu dikelola oleh guru selama terjadinya proses
interaksinya dengan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran. Selanjutnya yang dimaksudkan manajemen pembelajaran adalah manajemen
pembelajaran dalam arti luas. Kegiatan mengelola pembelajaran mulai dari
perencanaan, pengorganisasian, pengarahan atau pengendalian dan penilaian perlu
dilakukan oleh manajer (guru) dengan maksud agar mencapai tujuan pembelajaran
yang diinginkan.
1)
Identifikasi terdidik/ murid
2)
Tujuan pembelajaran
3)
bahan ajar/ materi pembelajaran
4)
pendekatan pembelajaran/ bisa strategi/ metoda/ teknik/ taktik
5)
sumber belajar
6)
media pembelajaran
7)
alat belajar
8)
bahan ajar
9)
evaluasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar