Kamis, 19 Mei 2022

Lima Aktivitas/Kemampuan Dasar yang Harus Dimiliki Organisasi Pembelajar

 Lima Aktivitas/Kemampuan Dasar yang Harus Dimiliki Organisasi Pembelajar

Menurut Garvin (1991), ada lima aktivitas sebagai kemampuan dasar yang harus dimiliki organisasi pembelajar yaitu:

1.      problem solving yang sistematis (systematic problem solving);

Pemecahan masalah yang sistematis adalah aktivitas awal yang menekankan pada filosofi dan metode yang digunakan bagi peningkatan kualitas, yang dilakukan melalui program pelatihan tehnik pemecahan masalah berupa latihan dan contoh kasus sehingga anggota organisasi lebih berdisiplin dalam pemikiran dan lebih memperhatikan detail sebuah pekerjaan. Akurasi dan kecermatan merupakan sesuatu yang esensial dalam belajar. Pelatihan diberikan kepada anggota organisasi secara menyeluruh sebagai sebuah familygroup. Latihan dan contoh kasus merupakan pembelajaran yang diadopsi dari metode-metode peningkatan kualitas yang telah diterima secara luas seperti metode Demming, Plan Do Check Action (PDCA), tehnik hipotesis-generalisasi, tehnik hipotesis dan uji,tehnik fact base manajement, histogram, Parreto Charts, korelasi, dan lainnya.

2.         Percobaan (eksperimentasi),

merupakan aktivitas yang berusaha secara sistematis mencari dan mencoba pengetahuan baru dengan menggunakan metode scientific, yang memudahkan proses pemecahan masalah. Bentuk eksperimentasi terdiri atas dua bentuk; pertama, bentuk on going program, dilakukan dalam rangkaian eksperimentasi kecil untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dalam bekerja, misalnya percobaan terhadap insentif dan partisipasi kerja atau pengembangan tehnologi sederhana untukmeningkatkan mutu kerja praktis. Kedua, Demonstration Projects, biasanya lebih luasdan kompleks dibanding eksperimentasi on going. Proyek ini dijalankan dalamkepentingan holistik, sistem yang lebih luas, dan biasanya dalam rangka peningkatan kapabilitas organisasi yang diperbarui. Karakteristik dari demonstration project adalah:learning by doing, merupakan sebuah proyek awal sebuah organisasi sehingga dari pengalaman tersebut diharapkan dapat diadopsi kedalam skala yang lebih luas, pencariankebijakan bagi proyek selanjutnya, dan mencari feedback bagi anggota organisasi. Biasanya hal ini dikembangkan oleh team multifungsi yang melaporkan perkembangannya langsung kepada senior manajemen.

3.      Belajar dari pengalaman masa lalu;

Belajar dari pengalaman masa lalu, dilakukan karena perusahaan harus mereview kesuksesan dan kegagalan, menilainya secara sistematis serta merekamnya sebagaipelajaran dalam bentuk yang dapat ditemukan dan diakses oleh anggota organisasi.Belajar dari yang lain, dilakukan karena tidak semua proses pembelajaran dilakukandalam refleksi dan analisis intern (self analisys). Kadang kala dirasa perlu juga untukmemperhatikan lingkungan sekitar dalam bentuk bench-marking terhadap organisasi lain, analisis kebutuhan customer, dan faktor eksternal lainnya, yang dianggap berpengaruhdan memberi perspektif baru. Organisasi pembelajar adalah usaha mengahadirkan senimembuka diri dan perhatian dalam mendengarkan.

 

4.      Transfer pengetahuan

dimaksudkan agar organisasi lebih tanggap dan efisien. Ide untuk memaksimalkan kapabilitas organisasi dilakukan dengan mentransfer pengetahuan secaraluas, bukan hanya oleh kalangan tertentu. Metode untuk memperoleh pengetahuan antara lain melalui artikel-artikel, oral, laporan visual, situs internet, tour, program pertukaran, program pendidikan dan latihan, program standarisasi, dan lainnya.

5.      Belajar dari yang lain (learning from others);

Belajar dari yang lain, dilakukan karena tidak semua proses pembelajaran dilakukan dalam refleksi dan analisis intern (self analisys). Kadang kala dirasa perlu juga untuk memperhatikan lingkungan sekitar dalam bentuk bench-marking terhadap organisasi lain,analisis kebutuhan customer, dan faktor eksternal lainnya, yang dianggap berpengaruh dan memberi perspektif baru. Organisasi pembelajar adalah usaha mengahadirkan seni membuka diri dan perhatian dalam mendengarkan transfer pengetahuan (transfert of knowledge)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang di Website Imas Siti Nurjanah " Pendidikan, Kepramukaan, Materi SMP/MTS, Perangkat Pembelajaran" Kunjungi Youtube kami di Https://bit.ly/YT-ImasSN