Tujuan dan Fungsi Sumber
Belajar
- Tujuan
Umum
Pusat
Sumber Belajar bertujuan meningkatkan efektivitas dan efisiensi kegiatan proses
belajar mengajar melalui pengembangan sistem intruksional. Hal ini dilaksanakan
dengan menyediakan berbagai macam pilihan untuk menunjang kegiatan kelas tradisional
dan untuk mendorong penggunaaan cara-cara yang baru (non tradisional), yang
paling sesuai untuk mencapai tujuan program akademis dan kewajiban-kewajiban institusional
yang direncanakan lainnya.
- Tujuan
Khusus
Secara
Khusus Pusat Sumber Belajar bertujuan :
- Menyediakan berbagai macam pilihan
komunikasi untuk menunjang kegiatan kelas tradisional
- Mendorong Penggunaan cara-cara
belajar baru yang paling cocok untuk mencapai tujuan program
akademis dan kewajiban-kewajiban institusional lainnya.
- Memberiakan pelayanan dan
perencanaan, produksi, operasional, dan tindakan lanjutan untuk
pengembangan sistem instruksional
- Melaksanakan latihan untuk para
tenaga pengajar mengenai pengembangan system
- instruksional dan integrasi teknologi
dalam proses belajar mengajar
- Memajukan usaha penelitian yang perlu
tentang penggunaan media pendidikan
- Menyebarkan informasi yang akan
membantu memajukan penggunaan berbagai macam sumber belajar
dengan lebih efektif dan efisien
- Menyediakan pelayanan produksi bahan
pengajaran
- Memberikan konsultasi untuk
modifikasi dan desain fasilitas sumber belajar
- Membantu mengembangkan standar
penggunaan sumber-sumber belajar
- Menyediakan pelayanan pemeliharaan
atas berbagai macam peralatan
- Membantu dalam pemilihan dan
pengadaan bahan-bahan media dan peralatannya
- Menyediakan pelayanan evaluasi untuk
membantu menentukan efektivitas berbagai cara pengajaran.
Dari
uraian tujuan khusus diatas, jelaslah bahwa pusat sumber belajar mempunyai peranan
yang cukup menentukan diu dalam meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses
Belajar Mengajar
- Fungsi dan Kegiatan Pusat Sumber Belajar
Berdasarkan
tujuan umum dan tujuan khusus yang sudah diuraikan di atas, pusat sumber
belajar mempunyai fungsi dan kegiatan sebagai berikut :
1. Fungsi Pengembangan
Sistem Instruksional
Fungsi
ini menolong jurusan atau departemen dan staf tenaga pengajar secara individual
di dalam membuat rancangan (desain) dan pemilihan options (pilihan) untuk
meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses belajar dan mengajar.
Hal ini meliputi:
- Perencanaan
kurikulum;
- Identifikasi
pilihan program instruksional;
- Seleksi
peralatan,dan bahan;
- Perkiraan
biaya;
- Penataran
tentang pengembangan system instruksional bagi staf pengajar;
- Perencanaan
program;
- Prosedur
evaluasi;
- Revisi
program.
2. Fungsi Informasi
Dalam
kehidupan sehari-hari orang sering memerlukan informasi, baik bentukkeperluan
pribadi maupun untuk keperluan usahanya. Ada beberapa macam sumberinformasi,
seperti pusat komputer (Puskom), bahan bacaan, radio, televisi, perorangan,
lembaga, dan sebagainya. Jika informasi ynag diperlukan hanya sedikit dan yang
mememrlukannya juga sedikit, maka bahan informasinya hanya dapat disimpan dalam
satu file. Jika lebih banyak, maka perlu dibentuk perpustakaan lengkap dengan
katalognya. Jika lebih banyak lagi barangkali harus menggunakan komputer.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar