Kamis, 19 Mei 2022

TUJUAN DAN FUNGSI SUMBER BELAJAR

 

Tujuan dan Fungsi Sumber Belajar

  1. Tujuan Umum

Pusat Sumber Belajar bertujuan meningkatkan efektivitas dan efisiensi kegiatan proses belajar mengajar melalui pengembangan sistem intruksional. Hal ini dilaksanakan dengan menyediakan berbagai macam pilihan untuk menunjang kegiatan kelas tradisional dan untuk mendorong penggunaaan cara-cara yang baru (non tradisional), yang paling sesuai untuk mencapai tujuan program akademis dan kewajiban-kewajiban institusional yang direncanakan lainnya.

  1. Tujuan Khusus

Secara Khusus Pusat Sumber Belajar bertujuan :

  1. Menyediakan berbagai macam pilihan komunikasi untuk menunjang kegiatan kelas tradisional
  2. Mendorong Penggunaan cara-cara belajar baru yang paling cocok untuk mencapai tujuan program akademis dan kewajiban-kewajiban institusional lainnya.
  3. Memberiakan pelayanan dan perencanaan, produksi, operasional, dan tindakan lanjutan untuk pengembangan sistem instruksional
  4. Melaksanakan latihan untuk para tenaga pengajar mengenai pengembangan system
  5. instruksional dan integrasi teknologi dalam proses belajar mengajar
  6. Memajukan usaha penelitian yang perlu tentang penggunaan media pendidikan
  7. Menyebarkan informasi yang akan membantu memajukan penggunaan berbagai macam sumber belajar dengan lebih efektif dan efisien
  8. Menyediakan pelayanan produksi bahan pengajaran
  9. Memberikan konsultasi untuk modifikasi dan desain fasilitas sumber belajar
  10. Membantu mengembangkan standar penggunaan sumber-sumber belajar
  11. Menyediakan pelayanan pemeliharaan atas berbagai macam peralatan
  12. Membantu dalam pemilihan dan pengadaan bahan-bahan media dan peralatannya
  13. Menyediakan pelayanan evaluasi untuk membantu menentukan efektivitas berbagai cara pengajaran.

Dari uraian tujuan khusus diatas, jelaslah bahwa pusat sumber belajar mempunyai peranan yang cukup menentukan diu dalam meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses Belajar Mengajar

 

  1.  Fungsi dan Kegiatan Pusat Sumber Belajar

Berdasarkan tujuan umum dan tujuan khusus yang sudah diuraikan di atas, pusat sumber belajar mempunyai fungsi dan kegiatan sebagai berikut :

1. Fungsi Pengembangan Sistem Instruksional

Fungsi ini menolong jurusan atau departemen dan staf tenaga pengajar secara individual di dalam membuat rancangan (desain) dan pemilihan options (pilihan) untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses belajar dan mengajar.

Hal ini meliputi:

  1. Perencanaan kurikulum;
  2. Identifikasi pilihan program instruksional;
  3. Seleksi peralatan,dan bahan;
  4. Perkiraan biaya;
  5. Penataran tentang pengembangan system instruksional bagi staf pengajar;
  6. Perencanaan program;
  7. Prosedur evaluasi;
  8. Revisi program.

 

2. Fungsi Informasi

Dalam kehidupan sehari-hari orang sering memerlukan informasi, baik bentukkeperluan pribadi maupun untuk keperluan usahanya. Ada beberapa macam sumberinformasi, seperti pusat komputer (Puskom), bahan bacaan, radio, televisi, perorangan, lembaga, dan sebagainya. Jika informasi ynag diperlukan hanya sedikit dan yang mememrlukannya juga sedikit, maka bahan informasinya hanya dapat disimpan dalam satu file. Jika lebih banyak, maka perlu dibentuk perpustakaan lengkap dengan katalognya. Jika lebih banyak lagi barangkali harus menggunakan komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang di Website Imas Siti Nurjanah " Pendidikan, Kepramukaan, Materi SMP/MTS, Perangkat Pembelajaran" Kunjungi Youtube kami di Https://bit.ly/YT-ImasSN