Kamis, 19 Mei 2022

Apa Kriteria dalam Pemilihan Media Pembelajaran

Untuk pemilihan media pembelajaran, tentu sangat dibutuhkan kriteria dalam pelaksanaannya. Karena tanpa memahami terhadap kereteria tersebut, maka penggunaan media pembelajaran akan berakibat tidak baik terhadap pengembangan anak didik, terutama didalam pertumbuhan psikologinya. Sehingga agar menghindari dampak yang tidak diinginkan tersebut sangat dibutuhkannya keriteria penggunaan media pembelajran tersebut. Oleh sebab itu dalam mendesain media pembelelajaran harus memperhatikan ciri-ciri atau karakteristik dari saran atau penerima pesan: seperti halnya umur, latar belakang sosial budaya, pendidikan serta cacat badaniyah dan sebagainya.

Ada beberapa keriteria yang patut diperhatikan dalam memilih media, yaitu:

a.       Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

Media dipilih berdasarkan tujuan yang telah ditetapkan yang secara umum mengacu kepada salah satu atau gabungan dari dua atau tiga ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik.

b.      Tepat untuk mendukung isi pelajaran yang sifatnya fakta, konsep, prinsip atau generalisasi.

c.       Praktis, luwes, dan bertahan.

Jika tidak ada dana, waktu atau sumber, tidak usah dipaksakan menggunakan media pembelajaran, maka cari media yang mudah didapat atau dapat dibuat sendiri oleh guru, serta dapat dibawa kemana-mana.

d.      Guru terampil dalam menggunakannya.

Ini merupakan kriteria utama, apapun media itu, guru harus mampu menggunakannya dalam peroses belajar mengajar. Sebab nilai dari media itu ditentukan oleh guru yang menggunkannya.

e.       Mutu teknis.

Pengembanagan visual baik gambar  maupun fotograf harus memenuhi persyaratan teknis tertentu. Misalnya materi yang ingin disampaikan dengan menggunkan slide tidak boleh terganggu oleh latar belakang yang akan mengganggu terhadap pesan atau informasi dari materi tersebut.

Selain kriteria diatas maka harus mengetahui pula jenis-jenis media pembelajaran yaitu media pembelajaran sederhana yang meliputi papan tulis, dan media pemebelajaran modern meliputi komputer dan internit.

Kriteria yang perlu dipertimbangkan guru atau tenaga pendidik dalam  memilih media pembelajaran menurut Nana Sudjana (1990: 4-5) yakni:

“1). Ketepatan media dengan tujuan pengajaran; 2) dukungan terhadap isi bahan pelajaran; 3) kemudahan memperoleh media; 4) keterrampilan guru dalam menggunakannya; 5) tersedia waktu untuk menggunakannya; dan 6) sesuai dengan taraf berfikir anak”.

Berkaitan dengan pemilihan media ini, Azhar Arsyad (1997: 76-77) menyatakan bahwa kriteria memilih media yaitu: 1) sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai; 2) tepat untuk mendukung isi pelajaran; 3) praktis, luwes, dan tahan; 4) guru terampil menggunakannya; 5) pengelompokan sasaran; dan 6) mutu teknis. Selanjutnya Brown, Lewis, dan Harcleroad (1983: 76-77) menyatakan bahwa dalam memilih media perlu mempertimbangkan kriteria sebagai berikut: 1) content; 2) purposes; 3) appropriatness; 4) cost; 5) technical quality; 6) circumstances of uses; 7) learner verification, and 8) validation.

       Dari beberapa pendapat di atas, dapat ditegaskan bahwa pada prinsipnya pendapat-pendapat tersebut memiliki kesamaan dan saling melengkapi. Selanjutnya menurut hemat penulis yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan media yaitu tujuan pembelajaran, keefektifan, peserta didik, ketersediaan, kualitas teknis, biaya, fleksibilitas, dan kemampuan orang yang menggunakannya serta alokasi waktu yang tersedia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang di Website Imas Siti Nurjanah " Pendidikan, Kepramukaan, Materi SMP/MTS, Perangkat Pembelajaran" Kunjungi Youtube kami di Https://bit.ly/YT-ImasSN