Untuk
pemilihan media pembelajaran, tentu sangat dibutuhkan kriteria dalam pelaksanaannya.
Karena tanpa memahami terhadap kereteria tersebut, maka penggunaan media
pembelajaran akan berakibat tidak baik terhadap pengembangan anak didik,
terutama didalam pertumbuhan psikologinya. Sehingga agar menghindari dampak
yang tidak diinginkan tersebut sangat dibutuhkannya keriteria penggunaan media
pembelajran tersebut. Oleh sebab itu dalam mendesain media pembelelajaran harus
memperhatikan ciri-ciri atau karakteristik dari saran atau penerima pesan:
seperti halnya umur, latar belakang sosial budaya, pendidikan serta cacat
badaniyah dan sebagainya.
Ada
beberapa keriteria yang patut diperhatikan dalam memilih media, yaitu:
a. Sesuai dengan tujuan yang ingin
dicapai.
Media dipilih berdasarkan tujuan yang
telah ditetapkan yang secara umum mengacu kepada salah satu atau gabungan dari
dua atau tiga ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik.
b. Tepat untuk mendukung isi pelajaran
yang sifatnya fakta, konsep, prinsip atau generalisasi.
c. Praktis, luwes, dan bertahan.
Jika tidak ada dana, waktu atau sumber,
tidak usah dipaksakan menggunakan media pembelajaran, maka cari media yang
mudah didapat atau dapat dibuat sendiri oleh guru, serta dapat dibawa
kemana-mana.
d. Guru terampil dalam menggunakannya.
Ini merupakan kriteria utama, apapun
media itu, guru harus mampu menggunakannya dalam peroses belajar mengajar.
Sebab nilai dari media itu ditentukan oleh guru yang menggunkannya.
e. Mutu teknis.
Pengembanagan visual baik
gambar maupun fotograf harus memenuhi persyaratan teknis tertentu.
Misalnya materi yang ingin disampaikan dengan menggunkan slide tidak boleh
terganggu oleh latar belakang yang akan mengganggu terhadap pesan atau
informasi dari materi tersebut.
Selain kriteria diatas maka harus
mengetahui pula jenis-jenis media pembelajaran yaitu media pembelajaran
sederhana yang meliputi papan tulis, dan media pemebelajaran modern meliputi
komputer dan internit.
Kriteria yang perlu dipertimbangkan guru
atau tenaga pendidik dalam memilih media
pembelajaran menurut Nana Sudjana (1990: 4-5) yakni:
“1). Ketepatan
media dengan tujuan pengajaran; 2) dukungan terhadap isi bahan pelajaran; 3)
kemudahan memperoleh media; 4) keterrampilan guru dalam menggunakannya; 5)
tersedia waktu untuk menggunakannya; dan 6) sesuai dengan taraf berfikir anak”.
Berkaitan
dengan pemilihan media ini, Azhar Arsyad (1997: 76-77) menyatakan bahwa
kriteria memilih media yaitu: 1) sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai; 2)
tepat untuk mendukung isi pelajaran; 3) praktis, luwes, dan tahan; 4) guru
terampil menggunakannya; 5) pengelompokan sasaran; dan 6) mutu teknis.
Selanjutnya Brown, Lewis, dan Harcleroad (1983: 76-77) menyatakan bahwa dalam
memilih media perlu mempertimbangkan kriteria sebagai berikut: 1) content; 2) purposes; 3) appropriatness; 4)
cost; 5) technical quality; 6) circumstances of uses; 7) learner verification,
and 8) validation.
Dari beberapa pendapat di atas, dapat
ditegaskan bahwa pada prinsipnya pendapat-pendapat tersebut memiliki kesamaan
dan saling melengkapi. Selanjutnya menurut hemat penulis yang perlu dipertimbangkan
dalam pemilihan media yaitu tujuan pembelajaran, keefektifan, peserta didik,
ketersediaan, kualitas teknis, biaya, fleksibilitas, dan kemampuan orang yang
menggunakannya serta alokasi waktu yang tersedia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar