Kamis, 19 Mei 2022

RPP PPKN KELAS X FUNGSI DAN KEWENANGAN LEMBAGA LEMBAGA NEGARA

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran           : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Kelas/Semester           : X/Satu           

Kelompok Mapel        : Wajib Kelompok 1

Materi Pokok               : Fungsi dan Kewenangan Lembaga-Lembaga Negara

Alokasi Waktu             : 4 x 2 JP

 

Kompetensi Inti

KI.1    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

KI.2    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI.3    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI.4    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

 

Kompetensi Dasar

1.3.  Menghargai nilai-nilai terkait fungsi lembaga-lembaga Negara menurut Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 secara adil

2.3    Mendukung perilaku peduli terhadap nilai-nilai terkait fungsi lembaga-lembaga negara menurut Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

3.3   Mensintesiskan kewenangan lembaga-lembaga Negara menurut Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

4.3   Mendemonstrasikan hasil analisis tentang kewenangan lembaga-lembaga Negara menurut Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

 

 

Indikator

·         Peserta didik menghargai nilai-nilai terkait fungsi lembaga-lembaga Negara menurut Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

·         Peserta didik bersikap peduli terhadap nilai-nilai terkait fungsi lembaga-lembaga negara menurut Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

·         Peserta didik menganalisis fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga Negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

·         Peserta didik menyajikan hasil analisis tentang fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga Negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

 

TujuanPembelajaran

Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan mampu:

·           Menghargai nilai-nilai terkait fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap beriman dan bertaqwa;

·           Bersikap peduli terhadap lembaga-lembaga di sekolah sebagai cerminan dari lembaga-lembaga negara;

·           Menganalisis fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga Negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;

·           Mendemonstrasikan hasil analisis tentang fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga Negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

 

 

Materi Pembelajaran

 

ü  Konsep

1.      Pengertian sistem politik Indonesia

2.      Komponen Infrastruktur Sistem Politik di Indonesia

3.      Fungsi dan kewenangan Lembaga-Lembaga Negara

4.      Karakteristik sistem presidensial

5.      Prinsip-prinsip good governance

 

ü  Prinsip

1.      Aturan mengenai lembaga negara dalam UUD NRI Tahun 1945

2.      Undang-Undang Dasar NRI 1945

 

Metode Pembelajaran

Pendekatan     :           Pendekatan kelompok

Model              :           Siklus Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi

Metode           :           1. Ceramah

2. Curah Pendapat

3. Presentasi

5. Diskusi

6. Penugasan

 

Media dan Sumber Pembelajaran

1.   Media        

a.   Laptop, CPU

b.   LCD Projector

c.    Film/Video

d.   Gambar/Foto

 

2. Sumber Belajar

a.   Buku Ajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan X Kurikulum 2013, Penerbit Erlangga

b.   Referensi lain yang relevan

c.    Internet (jika tersedia)

 

 

Kegiatan Pembelajaran

 

Pertemuan pertama

Rincian Kegiatan

Waktu

Pendahuluan

·         Guru memberi salam dan menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa bersama.

·         Guru mengondisikan kelas, agar kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan cara meminta peserta didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat duduk, menyiapkan buku pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat tulis yang diperlukan.

·         Guru mengajak peserta didik agar selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang diperoleh di dalam kehidupan sebagai tanda syukur kepada Tuhan.

·         Guru mengajak peserta didik untuk proaktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan.

·         Guru memberi penjelasan tentang cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

·         Guru membuat kesepakatan dengan peserta didik terkait kegiatan yang akan dilakukan (termasuk di dalamnya tentang pembagian kelompok kerja peserta didik).

·         Guru menampilkan beberapa permasalahan dalam kehidupan terkait materi pembelajaran dalam bentuk gambar/slide/video.

15 menit

 

Kegiatan Inti:

 

Mengamati

·         Guru meminta peserta didik untuk membaca buku/referensi tentang Fungsi dan Kewenangan Lembaga-Lembaga Negara, khususnya materi tentang Suprastruktur dan Infrastruktur Sistem Politik Indonesia.

·         Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengamati beberapa permasalahan yang terkait dengan materi yang sedang dipelajari, yaitu Suprastruktur dan Infrastruktur Sistem Politik Indonesia.

·         Peserta didik mengamati slide persentasi yang disajikan oleh guru tentang Suprastruktur dan Infrastruktur Sistem Politik Indonesia.

 

Menanya

·         Guru meminta peserta didik untuk menjawab pre-test yang diberikan guru. Pre-test berupa pertanyaan seputar Suprastruktur dan Infrastruktur Sistem Politik Indonesia.

·         Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan terkait hasil pengamatan tentang Suprastruktur dan Infrastruktur Sistem Politik Indonesia.

·         Guru menampung pertanyaan peserta didik dan memberi kesempatan kepada tiap peserta didik atau menunjuk secara acak peserta didik untuk menjawab pertanyaan temannya.

 

Mengeksplorasi

·         Peserta didik mencari jawaban pertanyaan pre-test yang diberikan guru dengan membaca buku ajar dan buku referensi lain.

·         Peserta didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab yang dilakukan dan melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi terkait Suprastruktur dan Infrastruktur Sistem Politik Indonesia.

·         Peserta didik berdiskusi atau melakukan kegiatan secara berkelompok untuk mengidentifikasi dan menganalisis ragam informasi yang diperoleh, kemudian dijadikan bahan untuk menyimpulkan.

 

Mengasosiasikan

·         Peserta didik menyusun hasil diskusi/laporan kegiatan yang berkaitan Suprastruktur dan Infrastruktur Sistem Politik Indonesia.

·         Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi/laporan kegiatan yang berkaitan dengan Suprastruktur dan Infrastruktur Sistem Politik Indonesia  sebagai bahan presentasi di depan kelas.

 

Mengomunikasikan  

·         Peserta didik membuat laporan hasil diskusi/ kegiatan yang sudah dilakukan.

·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi/ kegiatan yang sudah dilakukan di depan kelas dan peserta didik dari kelompok lain memberikan tanggapan.

·         Guru memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

60 menit

Penutup

Guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk:

·         Mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;

·         Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;

·         Memberi perintah mengerjakan ulangan harian dengan jujur dan tertib di kelas;

·         Memberi tugas rumah untuk mengerjakan tugas atau jenis kegiatan siswa lain baik secara berkelompok dengan baik sesuai perintah guru;

·         Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya;

·         Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.

15 menit

 

 

Pertemuan kedua

Rincian Kegiatan

Waktu

Pendahuluan

·         Guru memberi salam dan menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa bersama.

·         Guru mengondisikan kelas, agar kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan cara meminta peserta didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat duduk, menyiapkan buku pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat tulis yang diperlukan.

·         Guru mengajak peserta didik agar selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang diperoleh di dalam kehidupan sebagai tanda syukur kepada Tuhan.

·         Guru mengajak peserta didik untuk proaktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan.

·         Guru memberi penjelasan tentang cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

·         Guru membuat kesepakatan dengan peserta didik terkait kegiatan yang akan dilakukan (termasuk di dalamnya tentang pembagian kelompok kerja peserta didik).

·         Guru menampilkan beberapa permasalahan dalam kehidupan terkait materi pembelajaran dalam bentuk gambar/slide/video.

15 menit

 

Kegiatan Inti:

 

Mengamati

·         Peserta didik ditunjukkan grafik tentang Lembaga-Lembaga Negara dalam Sistem Ketatanegaraan Menurut UUD NRI Tahun 1945.

·         Guru meminta peserta didik untuk mengamati grafik yang di sajikan

 

Menanya

·         Sebelum memulai materi, dengan melihat dan mengamati gambar tersebut, peserta didik didorong untuk mengajukan pertanyaan mengenai hubungan gambar dengan materi yang akan dibahas.

·         Guru menyajikan materi Lembaga-Lembaga Negara menurut UUD NRI Tahun 1945.

 

Mengeksplorasi

·         Peserta didik mengumpulkan informasi terkait dengan materi pelajaran yang sedang dibahas.

·         Peserta didik mencari sumber atau informasi dari sumber-sumber lain terkait dengan materi palajaran yang sedang dibahas

 

Mengasosiasikan

·         Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok secara acak, peserta didik diberikan sebuah tulisan mengenai “Lembaga-Lembaga Negara menurut UUD NRI Tahun 1945” kemudian menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada dalam tulisan tersebut.

·         Peserta didik mencoba untuk mengembangkan berbagai pertanyaan sehubungan dengan materi tersebut.

 

Mengomunikasikan  

·         Setelah setiap kelompok selesai mendiskusikan dan mengerjakan tugas yang diberikan, setiap kelompok mencoba untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.

·         Setelah setiap kelompok mencoba untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas, guru memberi evaluasi terhadap hasil diskusi dan beberapa pertanyaan diskusi.

60 menit

Penutup

Guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk:

·         Mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;

·         Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;

·         Memberi perintah mengerjakan ulangan harian dengan jujur dan tertib di kelas;

·         Memberi tugas rumah untuk mengerjakan tugas atau jenis kegiatan siswa lain baik secara berkelompok dengan baik sesuai perintah guru;

·         Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya;

·         Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.

15 menit

 

 

 

Pertemuan ketiga

Rincian Kegiatan

Waktu

Pendahuluan

·         Guru mengucapkan salam kepada siswa dengan senyum yang bersahabat/ komunikatif;

·         Guru mengajak siswa berdoa bersama sesuai keyakinan masing-masing;

·         Guru memeriksa kehadiran siswa;

·         Guru melakukan apersepsi dan memotivasi siswa dengan cara mengajukan pertanyaan tentang Tata Kelola Pemerintahan yang Baik;

·         Guru menyampaikan materi pembelajaran, tujuan pembelajaran yang harus dicapai siswa dan kegiatan pembelajaran hari ini;

15 menit

 

 

Kegiatan Inti:

 

Mengamati

·         Siswa dibagi kedalam empat kelompok secara heterogen.

·         Setiap kelompok diberikan buku pembelajaran dan ditentukan materi untuk dipelajari dalam kelompok dan membuat ringkasan materi yang dipelajari, yaitu Tata Kelola Pemerintahan yang Baik.

·         Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengamati beberapa permasalahan yang terkait dengan materi yang sedang dipelajari.

 

Menanya

·         Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan terkait hasil pengamatan mereka tentang Tata Kelola Pemerintahan yang Baik.

·         Guru menampung pertanyaan peserta didik dan memberi kesempatan kepada tiap peserta didik atau menunjuk secara acak peserta didik untuk menjawab pertanyaan temannya.

·         Guru mengamati, menjawab pertanyaan, dan membimbing siswa atau kelompok yang masih ada kesulitan.

 

Mengeksplorasi

·         Peserta didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab yang dilakukan dan melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi terkait Tata Kelola Pemerintahan yang Baik.

 

Mengasosiasikan

·         Peserta didik menyusun hasil diskusi tentang Tata Kelola Pemerintahan yang Baik.

 

Mengomunikasikan  

·         Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok.

·         Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas dan peserta didik dari kelompok lain memberikan tanggapan.

·         Guru mengamati penyampaian hasil diskusi dan meminta kelompok lain menjadi penyanggah. Kemudian Kelompok penyaji menanggapi, mencatat, dan menjawab setiap pertanyaan dari kelompok lain.

·         Guru memberikan apresiasi kepada kelompok penyaji dan kelompok lain yang berpartisipasi aktif. Selanjutnya, guru memberikan penegasan pada setiap pokok materi bahasan hasil diskusi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

60 menit

Penutup

Guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk:

·         Mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;

·         Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;

·         Memberi perintah mengerjakan ulangan harian dengan jujur dan tertib di kelas;

·         Memberi tugas rumah untuk mengerjakan tugas atau jenis kegiatan siswa lain baik secara berkelompok dengan baik sesuai perintah guru;

·         Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya;

·         Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.

15 menit

 

 

 

Pertemuan keempat

Rincian Kegiatan

Waktu

Pendahuluan

·         Guru memberi salam dan menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa bersama.

·         Guru mengondisikan kelas, agar kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan cara meminta peserta didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat duduk, menyiapkan buku pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat tulis yang diperlukan.

·         Guru mengajak peserta didik agar selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang diperoleh di dalam kehidupan sebagai tanda syukur kepada Tuhan.

·         Guru mengajak peserta didik untuk proaktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan.

·         Guru memberi penjelasan tentang cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

·         Guru membuat kesepakatan dengan peserta didik terkait kegiatan yang akan dilakukan (termasuk di dalamnya tentang pembagian kelompok kerja peserta didik).

·         Guru menampilkan beberapa permasalahan dalam kehidupan terkait materi pembelajaran dalam bentuk gambar/slide/video.

15 menit

 

Kegiatan Inti:

 

Mengamati

·         Peserta didik ditunjukkan video mengenai bentuk Partisipasi Warga Negara dalam Sistem Politik di Indonesia

·         Guru meminta peserta didik untuk membaca sebentar tentang bentuk Partisipasi Warga Negara dalam Sistem Politik di Indonesia.

·         Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengamati beberapa permasalahan yang terkait dengan materi yang sedang dipelajari, yaitu Partisipasi Warga Negara dalam Sistem Politik di Indonesia.

·         Peserta didik mengamati slide persentasi yang disajikan oleh guru tentang Partisipasi Warga Negara dalam Sistem Politik di Indonesia.

 

Menanya

·         Guru meminta peserta didik untuk menjawab pre-test yang diberikan guru. Pre-test berupa pertanyaan seputar Partisipasi Warga Negara dalam Sistem Politik di Indonesia.

·         Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan terkait hasil pengamatan tentang Partisipasi Warga Negara dalam Sistem Politik di Indonesia.

·         Guru menampung pertanyaan peserta didik dan memberi kesempatan kepada tiap peserta didik atau menunjuk secara acak peserta didik untuk menjawab pertanyaan temannya.

 

Mengeksplorasi

·         Peserta didik mencari jawaban pertanyaan pre-test yang diberikan guru dengan membaca buku ajar dan buku referensi lain.

·         Peserta didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab yang dilakukan dan melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi terkait Partisipasi Warga Negara dalam Sistem Politik di Indonesia.

·         Peserta didik berdiskusi atau melakukan kegiatan secara berkelompok untuk mengidentifikasi dan menganalisis ragam informasi yang diperoleh, kemudian dijadikan bahan untuk menyimpulkan.

 

Mengasosiasikan

·         Peserta didik menyusun hasil diskusi/laporan kegiatan yang berkaitan Partisipasi Warga Negara dalam Sistem Politik di Indonesia.

·         Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi/laporan kegiatan yang berkaitan dengan Partisipasi Warga Negara dalam Sistem Politik di Indonesia  sebagai bahan presentasi di depan kelas.

 

Mengomunikasikan  

·         Peserta didik membuat laporan hasil diskusi/ kegiatan yang sudah dilakukan.

·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi/ kegiatan yang sudah dilakukan di depan kelas dan peserta didik dari kelompok lain memberikan tanggapan.

·         Guru memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik.

 

60 menit

Penutup

Guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk:

·         Mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;

·         Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;

·         Memberi perintah mengerjakan ulangan harian dengan jujur dan tertib di kelas;

·         Memberi tugas rumah untuk mengerjakan tugas atau jenis kegiatan siswa lain baik secara berkelompok dengan baik sesuai perintah guru;

·         Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya;

·         Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.

15 menit

 

 


 

Penilaian

 

No.

Kompetensi

Teknik

Instrumen

Keterangan

1.

KI 1 dan

KI 2

Observasi

 

·            Lembar observasi

Terlampir

2.

KI 3

Tes tertulis

·            Pilihan ganda

·            Uraian

·            Tugas (mandiri atau kelompok)

Terlampir

3.

KI 4

Kinerja

·            Lembar laporan tugas

Terlampir

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran

Penilaian KI 1

 

INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL

(LEMBAR OBSERVASI)

 

A.       Petunjuk Umum

1.    Instrumen penilaian sikap spiritual ini berupa Lembar Observasi. Observasi merupakan teknik penilaian yang dilakukan secara berkesinambungan dengan menggunakan indera, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan instrument yang berisi sejumlah indikator perilaku yang diamati. Pada jenjang SMA/MA, kompetensi sikap spiritual mengacu pada KI-1:  Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.

2.         Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.

 

B.        Petunjuk Pengisian

Secara periodik, misalnya 1 atau 2 minggu sekali guru melakukan penilaian sikap spiritual peserta didik. Caranya, guru memberi tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut.

·         4 = selalu, apabila peserta didik selalu melakukan sesuai pernyataan.

·         3 = sering, apabila peserta didik sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang

 tidak melakukannya.

·         2 = kadang-kadang, apabila peserta didik kadang-kadang melakukan dan  sering tidak

melakukannya.

·         1 = tidak pernah, apabila peserta didik tidak pernah melakukannya.

 

 

 

 

 

C.        Lembar Observasi

Kelas                                : ….

Semester                         : ….

Tahun Ajaran                   : ….

Periode Pengamatan      :            Tanggal s.d. ….

 

No

Aspek Pengamatan

1

Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu

2

Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan

3

Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi

4

Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan

5

Melaksanakan ibadah keseharian baik yang diwajibkan maupun yang dianjurkan sesuaidengan agama yang dianutnya

 Jumlah Skor

 


Lembar Observasi

No.

Nama

Peserta Didik

Aspek Pengamatan

Jumlah

Rerata Skor

Nilai

Keterangan

1

2

3

4

5

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

______________________

NIP.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penilaian KI 2 

 

INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL

(LEMBAR OBSERVASI)

A.       Petunjuk Umum

1.    Instrumen penilaian sikap sosial ini berupa Lembar Observasi.  Sikap sosial yang dikembangkan pada Kompetensi Inti 2 di jenjang SMA/MA  meliputi:

a.      jujur

b.      kreatif

c.       disiplin

d.      tanggung jawab

e.      toleransi

f.        gotong royong

g.      santun

h.      responsif

i.        pro aktif

2.         Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.

B.        Petunjuk Pengisian

Secara periodik, misalnya 1 atau 2 minggu sekali guru melakukan penilaian sikap sosial peserta didik. Caranya, guru memberi tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap sosial yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut.

·         4 = selalu, apabila peserta didik selalu melakukan sesuai pernyataan.

·         3 = sering, apabila peserta didik sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang

tidak melakukannya.

·         2 = kadang-kadang, apabila peserta didik kadang-kadang melakukan dan  sering tidak

melakukannya.

·         1 = tidak pernah, apabila peserta didik tidak pernah melakukannya.

 

 

 

 

Guna memudahkan penilian, guru dapat membaca indikator tiap-tiap aspek sosial sebagai berikut.

Tabel Daftar Deskripsi Indikator


Sikap dan Pengertian

Contoh Indikator

1.    Jujur

adalah perilaku dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.

·      Tidak menyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan

·      Tidak menjadi plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber)

·      Mengungkapkan perasaan apa adanya

·      Menyerahkan kepada yang berwenang barang yang ditemukan

·      Membuat laporan berdasarkan data atau informasi apa adanya

·      Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki

2.    Kreatif

Kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata, baik dalam bentuk karya baru maupun kombinasi dengan hal-hal yang sudah ada, yang belum pernah ada sebelumnya.

·        Menghasilkan   ide/karya  inovatif  yang dipublikasikan/dipasarkan.

·        Menghasilkan ide/karya inovatif  untuk kalangan sendiri/ skala kecil.

·        Memodifikasi dan menggabungkan beberapa ide/karya untuk menghasilkan gagasan/karya baru.

·        Mencoba membuat ide/karya  dari contoh yang sudah ada.

3.    Disiplin

adalah tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.

·      Datang tepat waktu

·      Patuh pada tata tertib atau aturan bersama/ sekolah

·      Mengerjakan/mengumpulkan tugas sesuai  dengan waktu yang ditentukan

·      Mengikuti kaidah berbahasa tulis yang baik dan benar

4.    Tanggungjawab

adalah sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa

·      Melaksanakan tugas individu dengan baik

·      Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan

·      Tidak menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat

·      Mengembalikan barang yang dipinjam

·      Mengakui dan meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan

·      Menepati janji

·      Tidak menyalahkan orang lain utk  kesalahan tindakan kita sendiri

·      Melaksanakan apa yang pernah dikatakan tanpa disuruh/diminta

5.    Toleransi

adalah sikap dan tindakan yang menghargai keberagaman latar belakang, pandangan, dan keyakinan

·      Tidak mengganggu teman yang berbeda pendapat

·      Menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya

·      Dapat menerima kekurangan orang lain

·      Dapat mememaafkan kesalahan orang lain

·      Mampu dan mau bekerja sama dengan siapa pun yang memiliki keberagaman latar belakang, pandangan, dan keyakinan

·      Tidak memaksakan pendapat atau keyakinan diri pada orang lain

·      Kesediaan untuk belajar dari  (terbuka terhadap) keyakinan dan gagasan orang lain agar dapat memahami orang lain lebih baik

·      Terbuka terhadap atau kesediaan untuk menerima sesuatu yang baru

6.    Gotongroyong

adalah bekerja bersama-sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama dengan saling berbagi tugas dan tolong menolong secara ikhlas.

·      Terlibat aktif dalam bekerja bakti membersihkan kelas atau sekolah

·      Kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan

·      Bersedia membantu orang lain tanpa mengharap imbalan

·      Aktif dalam kerja kelompok

·      Memusatkan perhatian pada tujuan kelompok

·      Tidak mendahulukan kepentingan pribadi

·      Mencari jalan untuk mengatasi perbedaan pendapat/pikiran antara diri sendiri dengan orang lain

·      Mendorong orang lain untuk bekerja sama demi mencapai tujuan bersama

7.    Santun

adalah sikap baik dalam pergaulan baik dalam berbahasa maupun bertingkah laku. Norma kesantunan bersifat relatif, artinya yang dianggap baik/santun pada tempat dan waktu tertentu bisa berbeda pada tempat dan waktu yang lain.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

·      Menghormati orang yang lebih tua.

·      Tidak berkata-kata kotor, kasar, dan takabur.

·      Tidak meludah di sembarang tempat.

·      Tidak menyela pembicaraan pada waktu yang tidak tepat

·      Mengucapkan terima kasih setelah menerima bantuan orang lain

·      Bersikap 3S (salam, senyum, sapa)

·      Meminta ijin ketika akan memasuki ruangan orang lain atau menggunakan barang milik orang lain

·      Memperlakukan orang lain sebagaimana diri sendiri ingin diperlakukan

8.    Responsif

Adalah kesadaran akan tugas yang harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Kepekaan yang tajam dalam menyikapi berbagai hal yang dihadapinya dan kepahaman makna tanggungjawab yang harus dipikul adalah ciri utama kepribadiannya

·         Tanggap terhadap kerepotan pihak lain dan segera memberikan solusi dan atau pertolongan

·         Berperan aktif terhadap berbagai kegiatan sekolah dan/atau sosial

·         Bergerak cepat dalam melaksanakan tugas/kegiatan

·         Berfikir lebih maju terhadap segala hal

9.    Proaktif

Adalah sikap seseorang yang mampu membuat pilihan dikala mendapatkan stimulus. Seseorang yang bersikap proaktif mampu memberi jeda antara datangnya stimulus dengan keputusan untuk memberi respon. Pada saat jeda tersebut seseorang yang proaktif dapat membuat pilihan dan mengambil respon yang dipandang terbaik bagi dirinya.

·         Berinisiatif dalam bertindak terkait dengan tugas/pekerjaan atau social

·         Mampu memanfaatkan peluang yang ada

·         Memiliki motivasi untuk terus maju dan berkembang

·         Fokus pada hal-hal  yang memungkin-kan untuk diubah atau diperbaik

 

 

 

 

C.        Lembar Observasi

Kelas                                : ….

Semester                         : ….

TahunAjaran                    : ….

Periode Pengamatan      : Tanggal s.d. ….

           

No

Nama

Peserta Didik

 

 

Sikap

Jumlah

Rerata Skor

Nilai

Keterangan

Jujur

Kreatif

Disiplin

Tanggung Jawab

Toleransi

Gotong Royong

Santun

Responsif

Pro aktif

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

dst

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Guru Mata Pelajaran

 

______________________

NIP.

 

 

 

Penilaian KI 3

 (Ambil soal di ulangan harian)

 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang jelas dan tepat!

Kerjakan dengan jujur! Yakinlah pada kemampuanmu!

1.      Di Indonesia suprastruktur politik bertumpu pada trias politika yang terbagi dalam tiga kekuasaan, Apa sajakah tiga kekuasaan tersebut?

2.      Sebutkan Lembaga-Lembaga Negara dalam Sistem Ketatanegaraan Menurut UUD NRI Tahun 1945!

3.      Sebutkan wewenang Mahkamah Konstitusi!

4.      Sebutkan ciri-ciri good governance menurut Laode Ida!

5.      Bagaimanakah bentuk partisipasi warga negara dalam sistem politik di Indonesia?

 

 

 

 

 

                                                                                                        Guru Mata Pelajaran

 

 

______________________

NIP.


 

Penilaian KI 4

 

Penilaian Kinerja

 

Rectangle: Rounded Corners: Nama			:	............................................
Kelas			:	............................................
No. Absen  :  ............................................
 

 

 

 

 

 


Lakukan kegiatan berikut ini! Bekerjasamalah dengan kelompokmu!

Bentuklah kelompok beranggotakan 5 orang! Dalam berdiskusi hargailah pendapat anggota kelompok Anda dalam menyampaikan suatu pendapat dan saling menghormati dengan pendapat yang berbeda.

1.  Buatlah sebuah karya ilmiah yang membahas tentang hal-hal berikut ini!

a.      Suprastruktur dan Infrastruktur Sistem Politik Indonesia

b.      Kedudukan Warga Negara dan Penduduk Indonesia

c.       Tata Kelola Pemerintahan yang Baik

d.      Partisipasi Warga Negara dalam Sistem Politik di Indonesia

2. Gunakan kaidah-kaidah dan tata tulis penulisan karya ilmiah!

3. Kerjakan di buku tugas Anda dan kumpulkan hasil pekerjaan Anda kepada guru untuk dinilai!

 

 

Mengetahui,                                                                                                              

          Guru Kelas/Mata Pelajaran                                           Kepala Sekolah ..........................

         

 

          _______________________                                         _______________________

          NIP                                                                                  NIP                                          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang di Website Imas Siti Nurjanah " Pendidikan, Kepramukaan, Materi SMP/MTS, Perangkat Pembelajaran" Kunjungi Youtube kami di Https://bit.ly/YT-ImasSN