Kamis, 19 Mei 2022

RPP PPKN KELAS X NILAI NILAI PANCASILA DALAM PRAKTIK PENYELENGGARAAN NEGARA

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran           : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Kelas/Semester           : X/Satu           

Kelompok Mapel        : Wajib Kelompok 1

MateriPokok               : Nilai-Nilai Pancasila dalam Kerangka Praktik Penyelenggaraan Negara

AlokasiWaktu              : 3 x 2 JP

 

Kompetensi Inti

KI.1    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

KI.2    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI.3    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI.4    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

 

Kompetensi Dasar

1.1.   Mensyukuri nilai-nilai Pancasila dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan negara sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada Tuhan Yang Maha Esa

2.1    Mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyenggaraan pemerintah Negara

3.1    Menganalisis nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara

4.1.   Mewujudkan keputusan bersama sesuai nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara

 

 

Indikator

·         Peserta didik mensyukuri nilai-nilai Pancasila dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan negara

·         Peserta didik menunjukkan sikap gotong royong dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

·         Peserta didik mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyenggaraan pemerintah Negara

·         Peserta didik menganalisis nilai-nilai Pancasila

·         Peserta didik mewujudkan keputusan bersama sesuai nilai-nilai Pancasila

·         Peserta didik menyajikan hasil analisis nilai-nilai Pancasila

 

TujuanPembelajaran

Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan mampu:

·           Mensyukuri nilai-nilai Pancasila dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan negara sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada Tuhan Yang Maha Esa

·           Menunjukkan sikap gotong royong sebagai bentuk penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

·           Menganalisis nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan negara

·           Menyajikan hasil analisis nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan negara

 

 

Materi Pembelajaran

 

ü  Fakta

Penandatanganan naskah pengakuan kemerdekaan dan kedaulatan Republik Indonesia oleh perdana Menteri merangkap Menteri Luar Negeri Mesir dengan disaksikan oleh H. Agus Salim (Menteri Luar Negeri) dan AR Baswedan (Menteri Muda Penerangan) tahun 1947.

 

ü  Konsep

1.      Pengertian Kedaulatan

2.      Macam-Macam Kedaulatan Negara

3.      Sifat hakikat Negara

4.      Kedudukan, Tugas, dan Fungsi Kementerian Indonesia

 

ü  Prinsip

1.      Sistem Pemerintahan Negara Kesatuan RI

2.      Nilai-nilai Pancasila

 

Metode Pembelajaran

Pendekatan     :           Pendekatan ilmiah (scientifict approach)

Model              :           Siklus Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi

Metode           :           1. Ceramah

2. Curah Pendapat

3. Presentasi

5. Diskusi

6. Penugasan

 

Media dan Sumber Pembelajaran

1.   Media        

a.   Laptop, CPU

b.   LCD Projector

c.    Film/Video

d.   Gambar/Foto

 

2. Sumber Belajar

a.   Buku Ajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan X Kurikulum 2013, Penerbit Erlangga

b.   Referensi lain yang relevan

c.    Internet (jika tersedia)

 

 

Kegiatan Pembelajaran

 

Pertemuan pertama

Rincian Kegiatan

Waktu

Pendahuluan

·         Guru memberi salam dan menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa bersama.

·         Guru mengondisikan kelas, agar kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan cara meminta peserta didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat duduk, menyiapkan buku pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat tulis yang diperlukan.

·         Guru mengajak peserta didik agar selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang diperoleh di dalam kehidupan sebagai tanda syukur kepada Tuhan.

·         Guru mengajak peserta didik untuk proaktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan.

·         Guru memberi penjelasan tentang cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

·         Guru membuat kesepakatan dengan peserta didik terkait kegiatan yang akan dilakukan (termasuk di dalamnya tentang pembagian kelompok kerja peserta didik).

·         Guru menampilkan beberapa permasalahan dalam kehidupan terkait materi pembelajaran dalam bentuk gambar/slide/video.

 

 

15 menit

 

Kegiatan Inti:

 

Mengamati

·         Guru meminta peserta didik untuk membaca buku/referensi tentang Nilai-Nilai Pancasila dalam Kerangka Praktik Penyelenggaraan Negara, khususnya materi tentang Sistem Pembagian Kekuasaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

·         Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengamati beberapa permasalahan yang terkait dengan materi yang sedang dipelajari, yaitu Sistem Pembagian Kekuasaan Negara Kesatuan Republik Indonesia, seperti: Jelaskan pengertian kedaulatan!

·         Peserta didik mengamati slide persentasi yang disajikan oleh guru tentang Sistem Pembagian Kekuasaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Menanya

·         Guru meminta peserta didik untuk menjawab pre-test yang diberikan guru. Pre-test berupa pertanyaan seputar Sistem Pembagian Kekuasaan Negara Kesatuan Republik Indonesia, seperti: Sebutkan dua bagian pengakuan kedaulatan Indonesia dari negara lain!

·         Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan terkait hasil pengamatan tentang Sistem Pembagian Kekuasaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

·         Guru menampung pertanyaan peserta didik dan memberi kesempatan kepada tiap peserta didik atau menunjuk secara acak peserta didik untuk menjawab pertanyaan temannya.

 

Mengeksplorasi

·         Peserta didik mencari jawaban pertanyaan pre-test yang diberikan guru dengan membaca buku ajar dan buku referensi lain.

·         Peserta didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab yang dilakukan dan melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi terkait Sistem Pembagian Kekuasaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

·         Peserta didik berdiskusi atau melakukan kegiatan secara berkelompok untuk mengidentifikasi dan menganalisis ragam informasi yang diperoleh, kemudian dijadikan bahan untuk menyimpulkan.

 

Mengasosiasikan

·         Peserta didik menyusun hasil diskusi/laporan kegiatan yang berkaitan Sistem Pembagian Kekuasaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

·         Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi/laporan kegiatan yang berkaitan dengan Sistem Pembagian Kekuasaan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai bahan presentasi di depan kelas.

 

Mengomunikasikan  

·         Peserta didik membuat laporan hasil diskusi/ kegiatan yang sudah dilakukan.

·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi/ kegiatan yang sudah dilakukan di depan kelas dan peserta didik dari kelompok lain memberikan tanggapan.

·         Guru memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik.

 

60 menit

Penutup

Guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk:

·         Mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;

·         Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;

·         Memberi perintah mengerjakan ulangan harian dengan jujur dan tertib di kelas;

·         Memberi tugas rumah untuk mengerjakan tugas atau jenis kegiatan siswa lain baik secara berkelompok dengan baik sesuai perintah guru;

·         Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya;

·         Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.

15 menit

 

 

 

 

 

 

Pertemuan kedua

Rincian Kegiatan

Waktu

Pendahuluan

·         Guru memberi salam dan menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa bersama.

·         Guru mengondisikan kelas, agar kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan cara meminta peserta didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat duduk, menyiapkan buku pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat tulis yang diperlukan.

·         Guru mengajak peserta didik agar selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang diperoleh di dalam kehidupan sebagai tanda syukur kepada Tuhan.

·         Guru mengajak peserta didik untuk proaktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan.

·         Guru memberi penjelasan tentang cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

·         Guru membuat kesepakatan dengan peserta didik terkait kegiatan yang akan dilakukan (termasuk di dalamnya tentang pembagian kelompok kerja peserta didik).

·         Guru menampilkan beberapa permasalahan dalam kehidupan terkait materi pembelajaran dalam bentuk gambar/slide/video.

15 menit

 

Kegiatan Inti:

 

Mengamati

·         Guru meminta peserta didik untuk membaca sebentar tentang Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintahan NonKementerian (LPNK).

·         Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengamati beberapa permasalahan yang terkait dengan Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintahan NonKementerian (LPNK).

·         Peserta didik mengamati gambar tentang Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintahan NonKementerian (LPNK).

 

Menanya

·         Guru meminta peserta didik untuk menjawab pre-test yang diberikan guru. Pre-test berupa pertanyaan seputar objek pendidikan kewarganegaraan serta Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintahan NonKementerian (LPNK), seperti: Sebutkan klasifikasi Kementerian di Indonesia!

·         Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan terkait hasil pengamatan mereka tentang Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintahan NonKementerian (LPNK).

·         Guru menampung pertanyaan peserta didik dan memberi kesempatan kepada tiap peserta didik atau menunjuk secara acak peserta didik untuk menjawab pertanyaan temannya.

 

Mengeksplorasi

·         Peserta didik mencari jawaban pertanyaan pre-test yang diberikan guru dengan membaca buku ajar dan buku referensi lain.

·         Peserta didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab yang dilakukan dan melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi terkait Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintahan NonKementerian (LPNK).

·         Peserta didik berdiskusi atau melakukan kegiatan secara berkelompok untuk mengidentifikasi dan menganalisis ragam informasi yang diperoleh, kemudian dijadikan bahan untuk menyimpulkan (Sebagau bahan diskusi/kegiatan, guru dapat meminta siswa untuk mengerjakan tugas/kegiatan siswa yang ada dalam buku ajar).

 

Mengasosiasikan

·         Peserta didik menyusun hasil diskusi tentang Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintahan NonKementerian (LPNK).

·         Peserta didik merumuskan tentang Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintahan NonKementerian (LPNK).

 

Mengomunikasikan  

·         Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok.

·         Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas dan peserta didik dari kelompok lain memberikan tanggapan.

·         Guru memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

60 menit

Penutup

Guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk:

·         Mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;

·         Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;

·         Memberi perintah mengerjakan ulangan harian dengan jujur dan tertib di kelas;

·         Memberi tugas rumah untuk mengerjakan tugas atau jenis kegiatan siswa lain baik secara berkelompok dengan baik sesuai perintah guru;

·         Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya;

·         Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.

15 menit

 

 

Pertemuan ketiga

Rincian Kegiatan

Waktu

Pendahuluan

·         Guru memberi salam dan menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa bersama.

·         Guru mengondisikan kelas, agar kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan cara meminta peserta didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat duduk, menyiapkan buku pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat tulis yang diperlukan.

·         Guru mengajak peserta didik agar selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang diperoleh di dalam kehidupan sebagai tanda syukur kepada Tuhan.

·         Guru mengajak peserta didik untuk proaktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan.

·         Guru memberi penjelasan tentang cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

·         Guru membuat kesepakatan dengan peserta didik terkait kegiatan yang akan dilakukan (termasuk di dalamnya tentang pembagian kelompok kerja peserta didik).

·         Guru menampilkan beberapa permasalahan dalam kehidupan terkait materi pembelajaran dalam bentuk gambar/slide/video.

15 menit

 

Kegiatan Inti:

 

Mengamati

·         Guru meminta peserta didik untuk membaca sebentar tentang Nilai-Nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan Pemerintahan.

·         Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengamati beberapa permasalahan yang terkait dengan Nilai-Nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan Pemerintahan.

 

Menanya

·         Guru meminta peserta didik untuk menjawab pre-test yang diberikan guru. Pre-test berupa pertanyaan seputar objek pendidikan kewarganegaraan serta Nilai-Nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan Pemerintahan, seperti: Sebutkan contoh aktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam penyelenggaraan Negara!

·         Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan terkait hasil pengamatan mereka tentang Nilai-Nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan Pemerintahan.

·         Guru menampung pertanyaan peserta didik dan memberi kesempatan kepada tiap peserta didik atau menunjuk secara acak peserta didik untuk menjawab pertanyaan temannya.

 

Mengeksplorasi

·         Peserta didik mencari jawaban pertanyaan pre-test yang diberikan guru dengan membaca buku ajar dan buku referensi lain.

·         Peserta didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab yang dilakukan dan melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi terkait Nilai-Nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan Pemerintahan.

·         Peserta didik berdiskusi atau melakukan kegiatan secara berkelompok untuk mengidentifikasi dan menganalisis ragam informasi yang diperoleh, kemudian dijadikan bahan untuk menyimpulkan (Sebagau bahan diskusi/kegiatan, guru dapat meminta siswa untuk mengerjakan tugas/kegiatan siswa yang ada dalam buku ajar).

 

Mengasosiasikan

·         Peserta didik menyusun hasil diskusi tentang Nilai-Nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan Pemerintahan.

·         Peserta didik merumuskan tentang Nilai-Nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan Pemerintahan.

 

Mengomunikasikan  

·         Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok.

·         Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas dan peserta didik dari kelompok lain memberikan tanggapan.

·         Guru memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik.

 

60 menit

Penutup

Guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk:

·         Mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;

·         Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;

·         Memberi perintah mengerjakan ulangan harian dengan jujur dan tertib di kelas;

·         Memberi tugas rumah untuk mengerjakan tugas atau jenis kegiatan siswa lain baik secara berkelompok dengan baik sesuai perintah guru;

·         Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya;

·         Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.

15 menit

 


 

Penilaian

 

No.

Kompetensi

Teknik

Instrumen

Keterangan

1.

KI 1 dan

KI 2

Observasi

 

·            Lembar observasi

Terlampir

2.

KI 3

Tes tertulis

·            Pilihan ganda

·            Uraian

·            Tugas (mandiri atau kelompok)

Terlampir

3.

KI 4

Kinerja

·            Lembar laporan tugas

Terlampir

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran

Penilaian KI 1

 

INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL

(LEMBAR OBSERVASI)

 

A.       Petunjuk Umum

1.    Instrumen penilaian sikap spiritual ini berupa Lembar Observasi. Observasi merupakan teknik penilaian yang dilakukan secara berkesinambungan dengan menggunakan indera, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan instrument yang berisi sejumlah indikator perilaku yang diamati. Pada jenjang SMA/MA, kompetensi sikap spiritual mengacu pada KI-1:  Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.

2.         Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.

 

B.        Petunjuk Pengisian

Secara periodik, misalnya 1 atau 2 minggu sekali guru melakukan penilaian sikap spiritual peserta didik. Caranya, guru memberi tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut.

·         4 = selalu, apabila peserta didik selalu melakukan sesuai pernyataan.

·         3 = sering, apabila peserta didik sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang

 tidak melakukannya.

·         2 = kadang-kadang, apabila peserta didik kadang-kadang melakukan dan  sering tidak

melakukannya.

·         1 = tidak pernah, apabila peserta didik tidak pernah melakukannya.

 

 

 

 

 

C.        Lembar Observasi

Kelas                                : ….

Semester                         : ….

TahunAjaran                    : ….

Periode Pengamatan      :            Tanggal s.d. ….

 

No

Aspek Pengamatan

1

Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu

2

Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan

3

Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi

4

Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan

5

Melaksanakan ibadah keseharian baik yang diwajibkan maupun yang dianjurkan sesuaidengan agama yang dianutnya

 Jumlah Skor

 


Lembar Observasi

No.

Nama

Peserta Didik

Aspek Pengamatan

Jumlah

Rerata Skor

Nilai

Keterangan

1

2

3

4

5

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

______________________

NIP.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penilaian KI 2 

 

INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL

(LEMBAR OBSERVASI)

A.       Petunjuk Umum

1.    Instrumen penilaian sikap sosial ini berupa Lembar Observasi.  Sikap sosial yang dikembangkan pada Kompetensi Inti 2 di jenjang SMA/MA  meliputi:

a.      jujur

b.      kreatif

c.       disiplin

d.      tanggung jawab

e.      toleransi

f.        gotong royong

g.      santun

h.      responsif

i.        pro aktif

2.         Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.

B.        Petunjuk Pengisian

Secara periodik, misalnya 1 atau 2 minggu sekali guru melakukan penilaian sikap sosial peserta didik. Caranya, guru memberi tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap sosial yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut.

·         4 = selalu, apabila peserta didik selalu melakukan sesuai pernyataan.

·         3 = sering, apabila peserta didik sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang

tidak melakukannya.

·         2 = kadang-kadang, apabila peserta didik kadang-kadang melakukan dan  sering tidak

melakukannya.

·         1 = tidak pernah, apabila peserta didik tidak pernah melakukannya.

 

 

 

 

Guna memudahkan penilian, guru dapat membaca indikator tiap-tiap aspek sosial sebagai berikut.

Tabel Daftar Deskripsi Indikator


Sikap dan Pengertian

Contoh Indikator

1.    Jujur

adalah perilaku dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.

·      Tidak menyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan

·      Tidak menjadi plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber)

·      Mengungkapkan perasaan apa adanya

·      Menyerahkan kepada yang berwenang barang yang ditemukan

·      Membuat laporan berdasarkan data atau informasi apa adanya

·      Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki

2.    Kreatif

Kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata, baik dalam bentuk karya baru maupun kombinasi dengan hal-hal yang sudah ada, yang belum pernah ada sebelumnya.

·        Menghasilkan   ide/karya  inovatif  yang dipublikasikan/dipasarkan.

·        Menghasilkan ide/karya inovatif  untuk kalangan sendiri/ skala kecil.

·        Memodifikasi dan menggabungkan beberapa ide/karya untuk menghasilkan gagasan/karya baru.

·        Mencoba membuat ide/karya  dari contoh yang sudah ada.

3.    Disiplin

adalah tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.

·      Datang tepat waktu

·      Patuh pada tata tertib atau aturan bersama/ sekolah

·      Mengerjakan/mengumpulkan tugas sesuai  dengan waktu yang ditentukan

·      Mengikuti kaidah berbahasa tulis yang baik dan benar

4.    Tanggungjawab

adalah sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa

·      Melaksanakan tugas individu dengan baik

·      Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan

·      Tidak menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat

·      Mengembalikan barang yang dipinjam

·      Mengakui dan meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan

·      Menepati janji

·      Tidak menyalahkan orang lain utk  kesalahan tindakan kita sendiri

·      Melaksanakan apa yang pernah dikatakan tanpa disuruh/diminta

5.    Toleransi

adalah sikap dan tindakan yang menghargai keberagaman latar belakang, pandangan, dan keyakinan

·      Tidak mengganggu teman yang berbeda pendapat

·      Menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya

·      Dapat menerima kekurangan orang lain

·      Dapat mememaafkan kesalahan orang lain

·      Mampu dan mau bekerja sama dengan siapa pun yang memiliki keberagaman latar belakang, pandangan, dan keyakinan

·      Tidak memaksakan pendapat atau keyakinan diri pada orang lain

·      Kesediaan untuk belajar dari  (terbuka terhadap) keyakinan dan gagasan orang lain agar dapat memahami orang lain lebih baik

·      Terbuka terhadap atau kesediaan untuk menerima sesuatu yang baru

6.    Gotong Royong

adalah bekerja bersama-sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama dengan saling berbagi tugas dan tolong menolong secara ikhlas.

·      Terlibat aktif dalam bekerja bakti membersihkan kelas atau sekolah

·      Kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan

·      Bersedia membantu orang lain tanpa mengharap imbalan

·      Aktif dalam kerja kelompok

·      Memusatkan perhatian pada tujuan kelompok

·      Tidak mendahulukan kepentingan pribadi

·      Mencari jalan untuk mengatasi perbedaan pendapat/pikiran antara diri sendiri dengan orang lain

·      Mendorong orang lain untuk bekerja sama demi mencapai tujuan bersama

7.    Santun

adalah sikap baik dalam pergaulan baik dalam berbahasa maupun bertingkah laku. Norma kesantunan bersifat relatif, artinya yang dianggap baik/santun pada tempat dan waktu tertentu bisa berbeda pada tempat dan waktu yang lain.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

·      Menghormati orang yang lebih tua.

·      Tidak berkata-kata kotor, kasar, dan takabur.

·      Tidak meludah di sembarang tempat.

·      Tidak menyela pembicaraan pada waktu yang tidak tepat

·      Mengucapkan terima kasih setelah menerima bantuan orang lain

·      Bersikap 3S (salam, senyum, sapa)

·      Meminta ijin ketika akan memasuki ruangan orang lain atau menggunakan barang milik orang lain

·      Memperlakukan orang lain sebagaimana diri sendiri ingin diperlakukan

8.    Responsif

Adalah kesadaran akan tugas yang harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Kepekaan yang tajam dalam menyikapi berbagai hal yang dihadapinya dan kepahaman makna tanggungjawab yang harus dipikul adalah ciri utama kepribadiannya

·         Tanggap terhadap kerepotan pihak lain dan segera memberikan solusi dan atau pertolongan

·         Berperan aktif terhadap berbagai kegiatan sekolah dan/atau sosial

·         Bergerak cepat dalam melaksanakan tugas/kegiatan

·         Berfikir lebih maju terhadap segala hal

9.    Proaktif

Adalah sikap seseorang yang mampu membuat pilihan dikala mendapatkan stimulus. Seseorang yang bersikap proaktif mampu memberi jeda antara datangnya stimulus dengan keputusan untuk memberi respon. Pada saat jeda tersebut seseorang yang proaktif dapat membuat pilihan dan mengambil respon yang dipandang terbaik bagi dirinya.

·         Berinisiatif dalam bertindak terkait dengan tugas/pekerjaan atau social

·         Mampu memanfaatkan peluang yang ada

·         Memiliki motivasi untuk terus maju dan berkembang

·         Fokus pada hal-hal  yang memungkin-kan untuk diubah atau diperbaik

 

 

 

 

C.        Lembar Observasi

Kelas                                : ….

Semester                         : ….

TahunAjaran                    : ….

Periode Pengamatan      : Tanggal s.d. ….

           

No

Nama

Peserta Didik

 

 

Sikap

Jumlah

Rerata Skor

Nilai

Keterangan

Jujur

Kreatif

Disiplin

Tanggung Jawab

Toleransi

Gotong Royong

Santun

Responsif

Pro aktif

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

dst

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Guru Mata Pelajaran

 

______________________

NIP.

 

 

 

Penilaian KI 3

 (Ambil soal di ulangan harian)

 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang jelas dan tepat!

Kerjakan dengan jujur! Yakinlah pada kemampuanmu!

1.      Negara memiliki sifat hakikat negara. Tuliskan dan jelaskan sifat–sifat tersebut!

2.      Tuliskan dan jelaskan tentang pengakuan kedaulatan Negara!

3.      Tuliskan variasi-variasi dari sistem pemerintahan presidensial negara Indonesia!

4.      Di Indonesia terdapat klasifikasi kementerian. Tuliskan urusan pemerintahan yang nomenklatur kementeriannya secara tegas yang disebutkan dalam UUD NRI Tahun 1945!

5.      Tuliskan tiga contoh perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam penyelenggaraan pemerintahan di Indonesia!

 

 

 

 

 

 

 

 

Guru Mata Pelajaran

 

 

______________________

NIP.


 

Penilaian KI 4

 

Penilaian Kinerja

 

Rectangle: Rounded Corners: Nama			:	............................................
Kelas			:	............................................
No. Absen  :  ............................................
 

 

 

 

 

 


Lakukan kegiatan berikut ini! Bekerjasamalah dengan kelompokmu!

Bentuklah kelompok beranggotakan 5 orang! Dalam berdiskusi hargailah pendapat anggota kelompok Anda dalam menyampaikan suatu pendapat dan saling menghormati dengan pendapat yang berbeda.

1.  Buatlah sebuah karya ilmiah yang membahas tentang hal-hal berikut ini!

a.      Sistem Pembagian Kekuasaan Negara Kesatuan Republik Indonesia

b.      Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintahan NonKementerian (LPNK)

c.       Nilai-Nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan Pemerintahan

2. Gunakan kaidah-kaidah dan tata tulis penulisan karya ilmiah!

3. Kerjakan di buku tugas Anda dan kumpulkan hasil pekerjaan Anda kepada guru untuk dinilai!

 

 

Mengetahui,                                                                                                              

          Guru Kelas/Mata Pelajaran                                           Kepala Sekolah ..........................

         

 

          _______________________                                         _______________________

          NIP                                                                                  NIP                                          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang di Website Imas Siti Nurjanah " Pendidikan, Kepramukaan, Materi SMP/MTS, Perangkat Pembelajaran" Kunjungi Youtube kami di Https://bit.ly/YT-ImasSN