RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : X/Satu
Kelompok Mapel : Wajib Kelompok 1
MateriPokok : Nilai-Nilai Pancasila dalam Kerangka Praktik
Penyelenggaraan Negara
AlokasiWaktu : 3 x 2 JP
Kompetensi Inti
KI.1 Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI.2 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KI.3 Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
KI.4 Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
1.1. Mensyukuri nilai-nilai Pancasila dalam praktik penyelenggaraan
pemerintahan negara sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada Tuhan Yang Maha
Esa
2.1 Mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik
penyenggaraan pemerintah Negara
3.1 Menganalisis
nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan
Negara
4.1. Mewujudkan keputusan bersama sesuai nilai-nilai Pancasila dalam
kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara
Indikator
·
Peserta
didik mensyukuri
nilai-nilai Pancasila dalam
praktik penyelenggaraan pemerintahan negara
·
Peserta didik menunjukkan
sikap gotong royong dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
·
Peserta didik mengamalkan
nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyenggaraan pemerintah Negara
·
Peserta didik menganalisis
nilai-nilai Pancasila
·
Peserta didik mewujudkan keputusan bersama sesuai
nilai-nilai Pancasila
·
Peserta didik menyajikan
hasil analisis nilai-nilai Pancasila
TujuanPembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan mampu:
·
Mensyukuri
nilai-nilai Pancasila dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan negara sebagai
salah satu bentuk pengabdian kepada Tuhan Yang Maha Esa
·
Menunjukkan
sikap gotong royong sebagai bentuk penerapan nilai-nilai
Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
·
Menganalisis
nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan
negara
·
Menyajikan
hasil analisis nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan
pemerintahan negara
Materi Pembelajaran
ü Fakta
Penandatanganan naskah pengakuan kemerdekaan
dan kedaulatan Republik Indonesia oleh perdana Menteri merangkap
Menteri Luar Negeri Mesir dengan disaksikan oleh H. Agus Salim (Menteri Luar
Negeri) dan AR Baswedan (Menteri Muda Penerangan) tahun 1947.
ü Konsep
1.
Pengertian Kedaulatan
2.
Macam-Macam Kedaulatan Negara
3.
Sifat hakikat Negara
4.
Kedudukan, Tugas, dan Fungsi
Kementerian Indonesia
ü Prinsip
1.
Sistem
Pemerintahan Negara Kesatuan RI
2.
Nilai-nilai Pancasila
Metode Pembelajaran
Pendekatan : Pendekatan
ilmiah (scientifict approach)
Model : Siklus Eksplorasi, Elaborasi,
Konfirmasi
Metode : 1. Ceramah
2. Curah Pendapat
3. Presentasi
5. Diskusi
6. Penugasan
Media dan Sumber Pembelajaran
1. Media
a.
Laptop, CPU
b.
LCD Projector
c.
Film/Video
d.
Gambar/Foto
2. Sumber Belajar
a.
Buku Ajar Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan X Kurikulum 2013, Penerbit Erlangga
b.
Referensi
lain yang relevan
c.
Internet
(jika tersedia)
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Rincian
Kegiatan |
Waktu |
Pendahuluan ·
Guru memberi salam dan menunjuk
ketua kelas untuk memimpin doa bersama. ·
Guru mengondisikan kelas, agar
kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan cara meminta peserta
didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat duduk, menyiapkan buku
pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat tulis yang diperlukan. ·
Guru mengajak peserta didik agar
selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang diperoleh di dalam kehidupan sebagai
tanda syukur kepada Tuhan. ·
Guru mengajak peserta didik
untuk proaktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan. ·
Guru memberi penjelasan tentang
cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan pembelajaran yang akan
dicapai. ·
Guru membuat kesepakatan dengan
peserta didik terkait kegiatan yang akan dilakukan (termasuk di dalamnya
tentang pembagian kelompok kerja peserta didik). ·
Guru menampilkan beberapa
permasalahan dalam kehidupan terkait materi pembelajaran dalam bentuk
gambar/slide/video. |
15 menit |
Kegiatan Inti: Mengamati ·
Guru
meminta peserta didik untuk membaca buku/referensi tentang Nilai-Nilai
Pancasila dalam Kerangka Praktik Penyelenggaraan Negara, khususnya materi
tentang Sistem Pembagian Kekuasaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. ·
Guru
memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengamati beberapa permasalahan
yang terkait dengan materi yang sedang dipelajari, yaitu Sistem Pembagian
Kekuasaan Negara Kesatuan Republik Indonesia, seperti: Jelaskan pengertian kedaulatan! ·
Peserta
didik mengamati slide persentasi yang disajikan oleh guru tentang Sistem
Pembagian Kekuasaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Menanya ·
Guru
meminta peserta didik untuk menjawab pre-test yang diberikan guru. Pre-test
berupa pertanyaan seputar Sistem Pembagian Kekuasaan Negara Kesatuan Republik
Indonesia, seperti: Sebutkan dua bagian pengakuan kedaulatan Indonesia dari
negara lain! ·
Guru memberi
kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan terkait hasil
pengamatan tentang Sistem Pembagian Kekuasaan Negara Kesatuan Republik
Indonesia. ·
Guru
menampung pertanyaan peserta didik dan memberi kesempatan kepada tiap peserta
didik atau menunjuk secara acak peserta didik untuk menjawab pertanyaan
temannya. Mengeksplorasi ·
Peserta
didik mencari jawaban pertanyaan pre-test yang diberikan guru dengan membaca
buku ajar dan buku referensi lain. ·
Peserta
didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab yang dilakukan dan
melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi terkait Sistem
Pembagian Kekuasaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. ·
Peserta
didik berdiskusi atau melakukan kegiatan secara berkelompok untuk
mengidentifikasi dan menganalisis ragam informasi yang diperoleh, kemudian
dijadikan bahan untuk menyimpulkan. Mengasosiasikan ·
Peserta
didik menyusun hasil diskusi/laporan kegiatan yang berkaitan Sistem Pembagian
Kekuasaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. ·
Peserta
didik menyimpulkan hasil diskusi/laporan kegiatan yang berkaitan dengan Sistem
Pembagian Kekuasaan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai bahan
presentasi di depan kelas. Mengomunikasikan ·
Peserta
didik membuat laporan hasil diskusi/ kegiatan yang sudah dilakukan. ·
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi/ kegiatan yang sudah dilakukan di depan
kelas dan peserta didik dari kelompok lain memberikan tanggapan. ·
Guru
memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik. |
60 menit |
Penutup Guru bersama peserta didik baik secara individual
maupun kelompok melakukan refleksi untuk: ·
Mengevaluasi
seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk
selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung
dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung; ·
Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; ·
Memberi
perintah mengerjakan ulangan harian dengan jujur dan tertib di kelas; ·
Memberi
tugas rumah untuk mengerjakan tugas atau jenis kegiatan siswa lain baik
secara berkelompok dengan baik sesuai perintah guru; ·
Menginformasikan
rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya; ·
Menutup
kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan
kepercayaannya masing-masing. |
15 menit |
Pertemuan kedua
Rincian
Kegiatan |
Waktu |
Pendahuluan ·
Guru memberi salam dan menunjuk
ketua kelas untuk memimpin doa bersama. ·
Guru mengondisikan kelas, agar
kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan cara meminta peserta
didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat duduk, menyiapkan buku
pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat tulis yang diperlukan. ·
Guru mengajak peserta didik agar
selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang diperoleh di dalam kehidupan sebagai
tanda syukur kepada Tuhan. ·
Guru mengajak peserta didik
untuk proaktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan. ·
Guru memberi penjelasan tentang
cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan pembelajaran yang akan
dicapai. ·
Guru membuat kesepakatan dengan
peserta didik terkait kegiatan yang akan dilakukan (termasuk di dalamnya
tentang pembagian kelompok kerja peserta didik). ·
Guru menampilkan beberapa
permasalahan dalam kehidupan terkait materi pembelajaran dalam bentuk
gambar/slide/video. |
15 menit |
Kegiatan Inti: Mengamati ·
Guru
meminta peserta didik untuk membaca sebentar tentang Kedudukan dan Fungsi
Kementerian Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintahan
NonKementerian (LPNK). ·
Guru
memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengamati beberapa permasalahan
yang terkait dengan Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Kesatuan Republik
Indonesia dan Lembaga Pemerintahan NonKementerian (LPNK). ·
Peserta
didik mengamati gambar tentang Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara
Kesatuan Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintahan NonKementerian (LPNK). Menanya ·
Guru
meminta peserta didik untuk menjawab pre-test yang diberikan guru. Pre-test
berupa pertanyaan seputar objek pendidikan kewarganegaraan serta Kedudukan
dan Fungsi Kementerian Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Lembaga
Pemerintahan NonKementerian (LPNK), seperti: Sebutkan klasifikasi Kementerian
di Indonesia! ·
Guru
memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan terkait
hasil pengamatan mereka tentang Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara
Kesatuan Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintahan NonKementerian (LPNK). ·
Guru
menampung pertanyaan peserta didik dan memberi kesempatan kepada tiap peserta
didik atau menunjuk secara acak peserta didik untuk menjawab pertanyaan
temannya. Mengeksplorasi ·
Peserta
didik mencari jawaban pertanyaan pre-test yang diberikan guru dengan membaca
buku ajar dan buku referensi lain. ·
Peserta
didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab yang dilakukan dan
melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi terkait Kedudukan
dan Fungsi Kementerian Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Lembaga
Pemerintahan NonKementerian (LPNK). ·
Peserta
didik berdiskusi atau melakukan kegiatan secara berkelompok untuk
mengidentifikasi dan menganalisis ragam informasi yang diperoleh, kemudian
dijadikan bahan untuk menyimpulkan (Sebagau bahan diskusi/kegiatan, guru
dapat meminta siswa untuk mengerjakan tugas/kegiatan siswa yang ada dalam
buku ajar). Mengasosiasikan ·
Peserta
didik menyusun hasil diskusi tentang Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara
Kesatuan Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintahan NonKementerian (LPNK). ·
Peserta
didik merumuskan tentang Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Kesatuan
Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintahan NonKementerian (LPNK). Mengomunikasikan ·
Peserta
didik menuliskan laporan kerja kelompok. ·
Peserta
didik mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas dan peserta didik
dari kelompok lain memberikan tanggapan. ·
Guru
memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik. |
60 menit |
Penutup Guru bersama peserta didik baik secara individual
maupun kelompok melakukan refleksi untuk: ·
Mengevaluasi
seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk
selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung
dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung; ·
Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; ·
Memberi
perintah mengerjakan ulangan harian dengan jujur dan tertib di kelas; ·
Memberi
tugas rumah untuk mengerjakan tugas atau jenis kegiatan siswa lain baik
secara berkelompok dengan baik sesuai perintah guru; ·
Menginformasikan
rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya; ·
Menutup
kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan
kepercayaannya masing-masing. |
15 menit |
Pertemuan ketiga
Rincian
Kegiatan |
Waktu |
Pendahuluan ·
Guru memberi salam dan menunjuk
ketua kelas untuk memimpin doa bersama. ·
Guru mengondisikan kelas, agar
kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan cara meminta peserta
didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat duduk, menyiapkan buku
pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat tulis yang diperlukan. ·
Guru mengajak peserta didik agar
selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang diperoleh di dalam kehidupan sebagai
tanda syukur kepada Tuhan. ·
Guru mengajak peserta didik
untuk proaktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan. ·
Guru memberi penjelasan tentang
cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan pembelajaran yang akan
dicapai. ·
Guru membuat kesepakatan dengan
peserta didik terkait kegiatan yang akan dilakukan (termasuk di dalamnya
tentang pembagian kelompok kerja peserta didik). ·
Guru menampilkan beberapa
permasalahan dalam kehidupan terkait materi pembelajaran dalam bentuk
gambar/slide/video. |
15 menit |
Kegiatan Inti: Mengamati ·
Guru
meminta peserta didik untuk membaca sebentar tentang Nilai-Nilai Pancasila
dalam Penyelenggaraan Pemerintahan. ·
Guru
memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengamati beberapa permasalahan
yang terkait dengan Nilai-Nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan Pemerintahan. Menanya ·
Guru
meminta peserta didik untuk menjawab pre-test yang diberikan guru. Pre-test
berupa pertanyaan seputar objek pendidikan kewarganegaraan serta Nilai-Nilai
Pancasila dalam Penyelenggaraan Pemerintahan, seperti: Sebutkan contoh aktualisasi
nilai-nilai Pancasila dalam penyelenggaraan Negara! ·
Guru
memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan terkait
hasil pengamatan mereka tentang Nilai-Nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan
Pemerintahan. ·
Guru
menampung pertanyaan peserta didik dan memberi kesempatan kepada tiap peserta
didik atau menunjuk secara acak peserta didik untuk menjawab pertanyaan
temannya. Mengeksplorasi ·
Peserta
didik mencari jawaban pertanyaan pre-test yang diberikan guru dengan membaca
buku ajar dan buku referensi lain. ·
Peserta
didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab yang dilakukan dan
melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi terkait Nilai-Nilai
Pancasila dalam Penyelenggaraan Pemerintahan. ·
Peserta
didik berdiskusi atau melakukan kegiatan secara berkelompok untuk
mengidentifikasi dan menganalisis ragam informasi yang diperoleh, kemudian
dijadikan bahan untuk menyimpulkan (Sebagau bahan diskusi/kegiatan, guru
dapat meminta siswa untuk mengerjakan tugas/kegiatan siswa yang ada dalam
buku ajar). Mengasosiasikan ·
Peserta
didik menyusun hasil diskusi tentang Nilai-Nilai Pancasila dalam
Penyelenggaraan Pemerintahan. ·
Peserta
didik merumuskan tentang Nilai-Nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan Pemerintahan. Mengomunikasikan ·
Peserta
didik menuliskan laporan kerja kelompok. ·
Peserta
didik mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas dan peserta didik
dari kelompok lain memberikan tanggapan. ·
Guru
memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik. |
60 menit |
Penutup Guru bersama peserta didik baik secara individual
maupun kelompok melakukan refleksi untuk: ·
Mengevaluasi
seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk
selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung
dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung; ·
Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; ·
Memberi
perintah mengerjakan ulangan harian dengan jujur dan tertib di kelas; ·
Memberi
tugas rumah untuk mengerjakan tugas atau jenis kegiatan siswa lain baik
secara berkelompok dengan baik sesuai perintah guru; ·
Menginformasikan
rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya; ·
Menutup
kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan
kepercayaannya masing-masing. |
15 menit |
Penilaian
No. |
Kompetensi |
Teknik |
Instrumen |
Keterangan |
1. |
KI 1 dan KI 2 |
Observasi
|
·
Lembar observasi |
Terlampir |
2. |
KI 3 |
Tes tertulis |
·
Pilihan ganda ·
Uraian ·
Tugas (mandiri atau kelompok) |
Terlampir |
3. |
KI 4 |
Kinerja |
·
Lembar
laporan tugas |
Terlampir |
Lampiran
Penilaian KI 1
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR
OBSERVASI)
A.
Petunjuk Umum
1.
Instrumen
penilaian sikap spiritual ini berupa Lembar Observasi. Observasi merupakan
teknik penilaian yang dilakukan secara berkesinambungan dengan menggunakan
indera, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan
instrument yang berisi sejumlah indikator perilaku yang diamati. Pada jenjang
SMA/MA, kompetensi sikap spiritual mengacu pada KI-1: Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Instrumen ini
diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.
B.
Petunjuk Pengisian
Secara periodik, misalnya 1 atau 2 minggu sekali guru melakukan
penilaian sikap spiritual peserta didik. Caranya, guru memberi tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang
ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut.
·
4 = selalu, apabila peserta didik selalu melakukan sesuai pernyataan.
·
3 = sering, apabila peserta didik sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang
tidak
melakukannya.
·
2 = kadang-kadang, apabila peserta didik kadang-kadang melakukan dan sering tidak
melakukannya.
·
1 = tidak pernah, apabila peserta didik tidak pernah melakukannya.
C.
Lembar
Observasi
Kelas : ….
Semester : ….
TahunAjaran : ….
Periode Pengamatan : Tanggal … s.d. ….
No |
Aspek Pengamatan |
|
1 |
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu |
|
2 |
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan |
|
3 |
Memberi
salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi |
|
4 |
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan |
|
5 |
Melaksanakan ibadah
keseharian baik yang diwajibkan maupun yang dianjurkan sesuaidengan agama
yang dianutnya |
|
Jumlah Skor |
Lembar Observasi
No. |
Nama Peserta Didik |
Aspek Pengamatan |
Jumlah |
Rerata Skor |
Nilai |
Keterangan |
||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
||||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru Mata Pelajaran
______________________
NIP.
Penilaian KI 2
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL
(LEMBAR
OBSERVASI)
A.
Petunjuk Umum
1.
Instrumen
penilaian sikap sosial ini berupa Lembar Observasi. Sikap sosial yang dikembangkan pada
Kompetensi Inti 2 di jenjang SMA/MA
meliputi:
a.
jujur
b.
kreatif
c.
disiplin
d.
tanggung
jawab
e.
toleransi
f.
gotong royong
g.
santun
h.
responsif
i.
pro aktif
2.
Instrumen ini
diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.
B.
Petunjuk Pengisian
Secara periodik, misalnya 1 atau 2 minggu sekali guru melakukan
penilaian sikap sosial peserta didik. Caranya, guru memberi tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap sosial yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai
berikut.
·
4 = selalu, apabila peserta didik selalu melakukan sesuai pernyataan.
·
3 = sering, apabila peserta didik sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang
tidak melakukannya.
·
2 = kadang-kadang, apabila peserta didik kadang-kadang melakukan dan
sering tidak
melakukannya.
·
1 = tidak pernah, apabila peserta didik tidak pernah melakukannya.
Guna memudahkan penilian, guru dapat membaca indikator tiap-tiap
aspek sosial sebagai berikut.
Tabel Daftar Deskripsi Indikator
Sikap dan
Pengertian |
Contoh Indikator |
1. Jujur adalah perilaku dapat
dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan. |
· Tidak
menyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan · Tidak
menjadi plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan
sumber) · Mengungkapkan
perasaan apa adanya · Menyerahkan
kepada yang berwenang barang yang ditemukan · Membuat
laporan berdasarkan data atau informasi apa adanya · Mengakui
kesalahan atau kekurangan yang dimiliki |
2. Kreatif Kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa
gagasan maupun karya nyata, baik dalam bentuk karya baru maupun kombinasi
dengan hal-hal yang sudah ada, yang belum pernah ada sebelumnya. |
·
Menghasilkan ide/karya
inovatif yang
dipublikasikan/dipasarkan. ·
Menghasilkan
ide/karya inovatif untuk kalangan
sendiri/ skala kecil. ·
Memodifikasi dan
menggabungkan beberapa ide/karya untuk menghasilkan gagasan/karya baru. ·
Mencoba
membuat ide/karya dari contoh yang
sudah ada. |
3.
Disiplin adalah tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada
berbagai ketentuan dan peraturan. |
·
Datang tepat waktu ·
Patuh pada tata tertib atau aturan bersama/
sekolah ·
Mengerjakan/mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan ·
Mengikuti kaidah berbahasa tulis yang baik dan
benar |
4.
Tanggungjawab adalah sikap dan perilaku seseorang untuk
melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap
diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan
Tuhan Yang Maha Esa |
·
Melaksanakan tugas individu dengan baik ·
Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan ·
Tidak menyalahkan/menuduh orang lain tanpa
bukti yang akurat ·
Mengembalikan barang yang dipinjam ·
Mengakui dan meminta maaf atas kesalahan yang
dilakukan ·
Menepati janji ·
Tidak menyalahkan orang lain utk kesalahan tindakan kita sendiri ·
Melaksanakan apa yang pernah dikatakan tanpa
disuruh/diminta |
5.
Toleransi adalah sikap dan tindakan yang menghargai keberagaman latar
belakang, pandangan, dan keyakinan |
·
Tidak mengganggu teman yang berbeda pendapat ·
Menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan
pendapatnya ·
Dapat menerima kekurangan orang lain ·
Dapat mememaafkan kesalahan orang lain ·
Mampu dan mau bekerja sama dengan siapa pun
yang memiliki keberagaman latar belakang, pandangan, dan keyakinan ·
Tidak memaksakan pendapat atau keyakinan diri
pada orang lain ·
Kesediaan untuk belajar dari (terbuka terhadap) keyakinan dan gagasan
orang lain agar dapat memahami orang lain lebih baik ·
Terbuka terhadap atau kesediaan untuk menerima
sesuatu yang baru |
6.
Gotong Royong adalah bekerja bersama-sama dengan orang lain untuk mencapai
tujuan bersama dengan saling berbagi tugas dan tolong menolong secara ikhlas. |
·
Terlibat aktif dalam bekerja bakti membersihkan
kelas atau sekolah ·
Kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan ·
Bersedia membantu orang lain tanpa mengharap
imbalan ·
Aktif dalam kerja kelompok ·
Memusatkan perhatian pada tujuan kelompok ·
Tidak mendahulukan kepentingan pribadi ·
Mencari jalan untuk mengatasi perbedaan
pendapat/pikiran antara diri sendiri dengan orang lain ·
Mendorong orang lain untuk bekerja sama demi
mencapai tujuan bersama |
7.
Santun adalah sikap baik dalam
pergaulan baik dalam berbahasa maupun bertingkah laku. Norma kesantunan
bersifat relatif,
artinya yang dianggap baik/santun pada tempat dan waktu tertentu bisa berbeda
pada tempat dan waktu yang lain. |
·
Menghormati orang yang lebih tua. ·
Tidak berkata-kata kotor,
kasar,
dan takabur. ·
Tidak meludah di sembarang tempat. ·
Tidak menyela pembicaraan pada waktu yang tidak
tepat ·
Mengucapkan terima kasih setelah menerima
bantuan orang lain ·
Bersikap 3S (salam, senyum, sapa) ·
Meminta ijin ketika akan memasuki ruangan orang
lain atau menggunakan barang milik orang lain ·
Memperlakukan orang lain sebagaimana diri
sendiri ingin diperlakukan |
8. Responsif Adalah kesadaran akan tugas yang
harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Kepekaan yang tajam dalam menyikapi
berbagai hal yang dihadapinya dan kepahaman makna tanggungjawab yang harus
dipikul adalah ciri utama kepribadiannya |
·
Tanggap terhadap
kerepotan pihak lain dan segera memberikan solusi dan atau pertolongan ·
Berperan aktif
terhadap berbagai kegiatan sekolah dan/atau sosial ·
Bergerak cepat dalam melaksanakan tugas/kegiatan ·
Berfikir lebih maju terhadap segala hal |
9. Proaktif Adalah sikap seseorang yang
mampu membuat pilihan dikala mendapatkan stimulus.
Seseorang yang bersikap proaktif mampu memberi jeda antara datangnya stimulus
dengan keputusan untuk memberi respon. Pada saat jeda tersebut seseorang yang
proaktif dapat membuat pilihan dan mengambil respon yang dipandang terbaik
bagi dirinya. |
·
Berinisiatif dalam
bertindak terkait dengan tugas/pekerjaan atau social ·
Mampu memanfaatkan peluang yang ada ·
Memiliki motivasi untuk terus maju dan berkembang ·
Fokus pada
hal-hal yang memungkin-kan untuk
diubah atau diperbaik |
C.
Lembar
Observasi
Kelas : ….
Semester : ….
TahunAjaran : ….
Periode Pengamatan : Tanggal … s.d. ….
No |
Nama Peserta Didik |
|
|
Sikap |
Jumlah |
Rerata Skor |
Nilai |
Keterangan |
||||||
Jujur |
Kreatif |
Disiplin |
Tanggung Jawab |
Toleransi |
Gotong Royong |
Santun |
Responsif |
Pro aktif |
||||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru Mata Pelajaran
______________________
NIP.
Penilaian KI 3
(Ambil soal di ulangan harian)
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang jelas dan
tepat!
Kerjakan dengan jujur! Yakinlah pada kemampuanmu!
1.
Negara
memiliki sifat hakikat negara. Tuliskan dan jelaskan sifat–sifat tersebut!
2.
Tuliskan dan
jelaskan tentang pengakuan kedaulatan Negara!
3.
Tuliskan
variasi-variasi dari sistem pemerintahan presidensial negara Indonesia!
4.
Di Indonesia
terdapat klasifikasi kementerian. Tuliskan urusan pemerintahan yang nomenklatur
kementeriannya secara tegas yang disebutkan dalam UUD NRI Tahun 1945!
5.
Tuliskan tiga
contoh perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam penyelenggaraan pemerintahan
di Indonesia!
Guru Mata Pelajaran
______________________
NIP.
Penilaian KI 4
Penilaian Kinerja
Lakukan kegiatan berikut ini! Bekerjasamalah dengan
kelompokmu!
Bentuklah kelompok beranggotakan 5 orang! Dalam
berdiskusi hargailah pendapat anggota kelompok Anda dalam menyampaikan suatu pendapat dan saling
menghormati dengan pendapat yang berbeda.
1. Buatlah sebuah karya ilmiah yang membahas
tentang hal-hal berikut ini!
a.
Sistem
Pembagian Kekuasaan Negara Kesatuan Republik Indonesia
b.
Kedudukan dan
Fungsi Kementerian Negara Kesatuan Republik Indonesia
dan Lembaga Pemerintahan NonKementerian (LPNK)
c.
Nilai-Nilai
Pancasila dalam Penyelenggaraan Pemerintahan
2. Gunakan kaidah-kaidah dan tata tulis penulisan
karya ilmiah!
3. Kerjakan di buku tugas Anda dan kumpulkan hasil
pekerjaan Anda kepada guru untuk dinilai!
Mengetahui,
Guru Kelas/Mata Pelajaran Kepala
Sekolah ..........................
_______________________ _______________________
NIP NIP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar